Peran kelompok tani pasir Jirak Kahuripan II dalam pemberdayaan masyarakat petani : Studi desriptif pada kelompok tani Pasir Jirak Kahuripan II di Desa Ciporeat Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung

Imtiyazi, R.Naila (2021) Peran kelompok tani pasir Jirak Kahuripan II dalam pemberdayaan masyarakat petani : Studi desriptif pada kelompok tani Pasir Jirak Kahuripan II di Desa Ciporeat Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan di sektor pertanian sangat ditentukan oleh sumber daya manusia didalamnya, maka adanya pemberdayaan masyarakat petani menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan petani yang berdaya secara berkelanjutan. Dalam mempermudah menjangkau para petani maka pemerintah membentuk suatu wadah untuk membina petani sehingga petani dapat mudah mengelola usaha taninya. Kelompok tani Pasir Jirak Kahuripan II merupakan salah satu kelompok tani yang aktif di desa Ciporeat dalam melakukan upaya pemberdayaan masyarakat petani melalui berbagai kegiatannya, terutama dalam program pelatihan pertanian. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui program pemberdayaan masyarakat petani, proses pelaksanaannya hingga hasil dari pemberdayaan masyarakat petani yang dilakukan oleh kelompok tani Pasir Jirak Kahuripan II. Landasan pemikiran dalam penelitian ini menggunakan teori Pemberdayaan menurut Eddy, yang selanjutnya dikaitkan dengan teori peran. Pemberdayaan diartikan sebagai upaya untuk membangun kemampuan masyarakat, dengan mendorong, memotivasi, membangkitkan kesadaran akan potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkannya menjadi tindakan nyata. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pemberdayaan Masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kelompok tani Pasir Jirak Kahuripan II ialah melalui program pelatihan pertanian mengenai tanaman hutan, sistem agroforestri, penyemaian dan pembibitan. Proses pelaksanaan pelatihan pertanian melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan hingga tahap monitoring dan evaluasi. Hasil pemberdayaannya dapat meningkatkan wawasan serta keterampilan anggota kelompok tani, timbulnya partisipasi anggota terhadap kegiatan pemberdayaan serta meningkatkan ekonomi anggotanya. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kelompok tani Pasir Jirak Kahuripan II sangat berperan dalam pemberdayaan masyarakat petani di desa Ciporeat kecamatan Cilengkrang kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Kelompok Tani; Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Sociology and Anthropology, Society
General Management > Research and Development Management (R and D)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: R. Naila Imtiyazi
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:22
Last Modified: 06 Sep 2021 03:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42706

Actions (login required)

View Item View Item