Hubungan gaya belajar dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui Hybrid Learning pada materi usaha dan energi

Ayuningrat, Hilda Sulasi (2021) Hubungan gaya belajar dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui Hybrid Learning pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (COVER)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam abad ke-21 dan revolusi industri 4.0. Peserta didik saat ini rata-rata memiliki nilai kemampuan berpikir kritis yang rendah karena belum terlatih untuk selalu berpikir kritis yang disebabkan oleh berbedanya gaya belajar dari peserta didik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan hubungan gaya belajar dengan kemampuan berpikir kritis setelah diterapkan model hybrid learning pada materi usaha dan energi. Metode yang digunakan yakni metode analisis korelasi dengan desain penelitian berdasarkan situasi dan kondisi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA MA Al-Istiqomah Tanjungsiang yang berjumlah 16 orang yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan yakni angket gaya belajar, Autentic Assessment Based of Teachingand Learning Trajectory) with Student Activity Sheet (AABTLT with SAS) dan soal tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan rata-rata presentase keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Hybrid Learning adalah 91% dengan kategori sangat efektif. Hasil uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment nilai maka rhitung (0,110) < rtabel (0,497) atau rhitung lebih kecil dari rtabel, sehingga Ha ditolak dan H0 diterima artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA MA Al-Istiqomah Tanjungsiang pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya belajar; Hybrid Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; Usaha dan Energi
Subjects: Causation
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Hilda Sulasi Ayuningrat
Date Deposited: 06 Sep 2021 07:57
Last Modified: 06 Sep 2021 07:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42691

Actions (login required)

View Item View Item