Hubungan kegiatan bermain kereta angka dengan kemampuan berhitung anak usia dini : Penelitian di kelompok B1 RA Bunyanul Hasan Cileunyi, Kabupaten Bandung

Turnadi, Thisnaeni Fauziah (2021) Hubungan kegiatan bermain kereta angka dengan kemampuan berhitung anak usia dini : Penelitian di kelompok B1 RA Bunyanul Hasan Cileunyi, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena di lapangan dimana pada saat kegiatan bermain kereta angka, dari jumlah 23 anak ada sebanyak 50% anak yang masih rendah pengalamannya dalam berhitung dan ini terlihat masih ada anak yang keliru dalam mencocokkan atau menghubungkan lambang bilangan dengan jumlah bilangan. Fenomena ini menunjukkan adanya kesenjangan antara kegiatan bermain kereta angka dengan kemampuan berhitung anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kegiatan bermain kereta angka di kelompok B1 RA Bunyanul Hasan Cileunyi; 2) Kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B1 RA Bunyanul Hasan Cileunyi; 3) Hubungan antara kegiatan bermain kereta angka dengan kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B1 RA Bunyanul Hasan Cileunyi. Kemampuan berhitung pada anak usia dini dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu kegiatan bermian kereta angka. Bermain kereta angka merupakan sebuah permainan yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak khususnya dalam mengurutkan bilangan. Dengan permainan kereta angka, anak mampu belajar malalui permainan. Permainan kereta angka sangat erat kaitannya dengan kemampuan berhitung terutama dalam mengenal lambang bilangan 1 – 10. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelompok B1 RA Bunyanul Hasan Cileunyi Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 23 orang anak. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, dengan metode analisis data korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan kegiatan bermain kereta angka kelompok B1 RA Bunyanul Hasan Cileunyi yaitu sebagian besar berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan), dan untuk hasil kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B1 RA Bunyanul Hasan Cileunyi yaitu sebagian besar berada pada kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Hubungan antara kedua variabel ini adalah positif dan signifikan antara kegiatan bermain kereta angka dengan kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B1 RA Bunyanul Hasan Cileunyi. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,991 angka tersebut berada pada interval 0,800 – 1,000 dengan kategori sangat kuat/tinggi. Hal ini juga ditunjukkan oleh hasil pengujian hipotesis diperoleh harga t hitung sebesar 33,880 dan t tabel dengan db=21 pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,080. Dengan demikian, dapat diinterpretasikan Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain kegiatan bermain kereta angka memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kemampuan berhitung anak usia dini di kelompok B1 RA Bunyanull Hasan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; kemampuan berhitung; anak usia dini
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Thisnaeni Fauziah Turnadi
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:05
Last Modified: 06 Sep 2021 04:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42684

Actions (login required)

View Item View Item