Pengaruh pendapatan margin Murabahah dan pendapatan sewa Ijarah terhadap laba operasional pada Bank Jabar Banten (BJB) Syari'ah periode 2015-2019

Herdiningsih, Yeni (2021) Pengaruh pendapatan margin Murabahah dan pendapatan sewa Ijarah terhadap laba operasional pada Bank Jabar Banten (BJB) Syari'ah periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh laba operasional yang merupakan tujuan utama bank syari’ah dalam menjalankan aktivitasnya dan laba operasional ini dipengaruhi oleh pendapatan, dimana sumber pendapatan tersebut dapat diperoleh dari pendapatan margin murabahah dan pendapatan sewa ijarah. Berdasarkan teori, kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap laba operasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh parsial pendapatan margin murabahah terhadap laba operasional, bagaimana pengaruh parsial pendapatan sewa ijarah terhadap laba operasional dan bagaimana pengaruh simultan pendapatan margin murabahah dan pendapatan sewa ijarah terhadap laba operasional pada Bank BJB Syari’ah periode 2015-2019. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan triwulan Bank BJB Syari’ah periode 2015-2019 melalui website resminya www.bjbsyari’ah.co.id. Analisis data kuantitatif yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis uji t (parsial) dan uji F (simultan), pengolahan data dilakukan dengan menggunakan perhitungan SPSS for windows 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pendapatan margin murabahah secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap laba operasional sebesar 30,8% sedangkan sisanya sebesar 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti; (2) pendapatan sewa ijarah secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap laba operasional sebesar 17,2% sedangkan sisanya sebesar 82,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti; (3) pendapatan margin murabahah dan pendapatan sewa ijarah secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap laba operasional sebesar 67% sedangkan sisanya sebesar 33% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Margin Murabahah; Pendapatan Sewa Ijarah; Laba Operasional
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Yeni Herdiningsih
Date Deposited: 03 Sep 2021 08:05
Last Modified: 03 Sep 2021 08:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42669

Actions (login required)

View Item View Item