Pengaruh metode Reciprocal Learning berbasis modul dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi covid-19 : Penelitian di MAN 19 Jakarta Selatan

Tsania, Ayu Dilla (2021) Pengaruh metode Reciprocal Learning berbasis modul dalam pembelajaran matematika terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi covid-19 : Penelitian di MAN 19 Jakarta Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian berupa eksperimen yang mengambil masalah mengenai hasil belajar siswa terhadap pembelajaran matematika pada pandemic covid-19 dengan menggunakan metode Reciprocal Learning berbasis modul. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (a) memperoleh hasil terhadap proses pembelajaran terhadap metode Reciprocal Learning berbasis modul matematika; (b) memperoleh data hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan siswa yang menggunakan metode konvensional; (c) serta memperoleh data respon siswa terhadap metode Reciprocal Learning berbasis modul. Jumlah kelas yang digunakan yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen di MAN 19 Jakarta dengan materi trigonometri matematika wajib kelas X. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : (a) hasil dari keterlaksanaan proses pembelajaran guru dan siswa yang menggunakan metode reciprocal learning berbasis modul termasuk kedalam kategori sangat baik; (b) hasil belajar dari siswa kelas kontrol mengalami peningkatan yaitu sebesar 62,42 menjadi 76,51 serta siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yaitu sebesar 61,28 menjadi 79,09; (c) serta hasil dari respon siswa pada kelas eksperimen menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran reciprocal learning berbasis modul matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Reciprocal Learning; Hasil Belajar Siswa
Subjects: General Organizations in Indonesia
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ayu Dilla Tsania
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:06
Last Modified: 03 Sep 2021 07:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42665

Actions (login required)

View Item View Item