Upaya guru bimbingan dan konseling untuk membentuk akhlak Mahmudah siswa siswi SMPN 1 Bantarkalong : Penelitian di SMPN 1 Bantarkalong, Jl. Pemuda 2 Hegarwangi Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya

Maryati, Ade Rina (2021) Upaya guru bimbingan dan konseling untuk membentuk akhlak Mahmudah siswa siswi SMPN 1 Bantarkalong : Penelitian di SMPN 1 Bantarkalong, Jl. Pemuda 2 Hegarwangi Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan fenomena yang terjadi di SMPN 1 Bantarkalong yang berkaitan dengan akhlak mahmudah yaitu masih terdapat siswa/i yang melenceng dari hal-hal positif ke negatif. Fenomena yang terjadi tidak sesuai dengan akhlak baik (mahmudah). Karena pengertian dari akhlak mahmudah itu sendiri yaitu perilaku manusia yang baik dan disenangi oleh diri sendiri maupun lingkungan sosial serta sesuai dengan ajaran agama yang bersumber dari Allah SWT. Oleh karena itu, upaya bimbingan ini perlu menjadi tanggung jawab semua pihak dalam bekerja sama memahami, mengawasi, mengarahakan dan sekaligus memantau proses perkembangan yang sedang terjadi pada remaja tersebut. Hal ini merupakan bagian tanggung jawab dari orang tua, lingkungan dan sekolah. Peran yang memegang tanggung jawab dalam mengupayakan hal ini adalah guru BK (Bimbingan Konseling). Karena guru BK memiliki peran penting dalam membimbing dan mengarahkan peserta didiknya untuk memiliki pribadi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam membentuk akhlak mahmudah siswa siswi SMPN 1 Bantarkalong. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer yang diperoleh dengan wawancara secara terstruktur yang diperoleh dari kepala sekolah, guru BK (Bimbingan Konseling) dan siswa siswi. Data sekunder diperoleh dari berbagai sumber seperti data internal SMPN 1 Bantarkalong. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa siswi SMPN 1 Bantarkalong telah memahami makna tentang akhlak mahmudah, dalam upaya guru bimbingan dan konseling dalam membentuk akhlak mahmudah siswa siswi menggunakan layanan bimbingan dan konseling melalui bimbingan pribadi dan bimbingan sosial karena dalam membentuk akhlak mahmudah berkaitan dengan karakter. Apabila ada siswa siswi yang melakukan hal-hal negatif dilakukanlah bimbingan atau konseling individu untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dan, apabila ada siswa siswi yang tidak bisa diatasi melalui bimbingan atau konseling individu maka dilakukanlah bimbingan atau konseling kelompok dengan cara dipanggil bersama teman-temannya untuk mengatasi hal tersebut. Namun, adanya hambatan dari pengaruh lingkungan menjadikan guru BK untuk terus berusaha semaksimal mungkin dalam membentuk akhlak siswa siswi ke arah yang lebih baik (akhlak mahmudah).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan Dan Konseling; Akhlak Mahmudah; Siswa Siswi
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ade Rina Maryati
Date Deposited: 03 Sep 2021 05:40
Last Modified: 03 Sep 2021 05:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42648

Actions (login required)

View Item View Item