Nilai-nilai bimbingan konseling islami untuk meningkatkan spiritualitas pembaca: Studi analisis terhadap Buku Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai Karya Emha Ainun Nadjib

Hasanah, Astri Aprillia (2021) Nilai-nilai bimbingan konseling islami untuk meningkatkan spiritualitas pembaca: Studi analisis terhadap Buku Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai Karya Emha Ainun Nadjib. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang semakin pesat selain membawa perubahan konstruktif disisi lain membawa perubahan destruktif. Masyarakat kita didominasi oleh masyarakat beragama khususnya Islam. Oleh karenanya diperlukan pemahaman bimbingan dan konseling Islam untuk meningkatkan spiritual agar dapat membantu individu dalam menghadapi permasalahan hidupnya, bukan sekedar pengembangan bimbingan konseling Islam sebagai ilmu, tetapi mengembangkan pemikiran seorang tokoh yang konsen melakukan bimbingan dan konseling Islami ataupun pendampingan terhadap masalah-masalah masyarakat yang berhubungan dengan spiritualitas. Dalam penelitian ini, penulis meneliti mengenai nilai-nilai bimbingan konseling Islami untuk meningkatkan spiritualitas pada buku Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai karya Emha Ainun Nadjib (Cak Nun), alasan meneliti buku karya Cak Nun; karena Cak Nun mampu menerapkan pendekatan bimbingan konseling Islami dalam karyanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai bimbingan konseling Islami pada fungsi preventif, kuratif, dan development dalam buku Anggukan Ritmis Kaki Pak Kiai Karya Emha Ainun Nadjib untuk meningkatkan spiritualitas pembaca. Landasan pemikiran dalam penelitian ini adalah nilai-nilai bimbingan konseling Islami yang berfungsi sebagai pencegahan, penyembuhan, serta pengembangan atau pemeliharaan untuk masalah masyarakat dalam meningkatkan spiritualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis wacana model A. Van Dijk dengan terknik pengumpulan data dokumentasi dan pengamatan teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai bimbingan konseling Islami dalam buku Angggukan Ritmis Kaki Pak Kiai secara teoritis dapat meningkatkan spiritualitas yang meliputi nilai pada fungsi preventif, kuratif dan development. Hal ini bisa dilihat dari hasil analisis isi buku yang memuat nilai-nilai spiritual yang meliputi nilai iman, nilai ibadah dan nilai akhlak yang menggambarkan adanya kaitan spiritualitas manusia dengan masalah-masalah yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai; Bimbingan; Konseling; Islami; Spiritualitas
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Higher Education, Universities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Astri Aprillia Hasanah
Date Deposited: 03 Sep 2021 01:11
Last Modified: 03 Sep 2021 01:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42637

Actions (login required)

View Item View Item