Pengaruh deposito Mudharabah dan tabungan Mudharabah terhadap pembiayaan bagi hasil menurut PSAK 105 pada PT BRI Syariah periode 2015-2019

Aulia, Ersa (2021) Pengaruh deposito Mudharabah dan tabungan Mudharabah terhadap pembiayaan bagi hasil menurut PSAK 105 pada PT BRI Syariah periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara teori dengan fakta yang ada dilapangan. Didalam teori menjelaskan bahwa semakin besar jumlah deposito mudharabah dan tabungan mudharabah yang dimiliki oleh bank maka akan meningkatkan potensi bank yang berhubungan dengan penyediaan pembiayaan. Sedangkan pada laporan keuangan yang ada pada PT Bank BRI Syariah periode 2015-2019 menunjukkan adanya data yang tidak sesuai yaitu ketika deposito mudharabah dan tabungan mudharabah mengalami peningkatan maka pembiayaan bagi hasilnya menurun. Sebaliknya pembiayaan bagi hasil meningkat jumlah deposito mudharabah dan tabungan mudharabah menurun. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Deposito mudharabah terhadap pembiayaan bagi hasil menurut PSAK 105 di PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah (2) Untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh jumlah dana Tabungan mudharabah terhadap pembiayaan bagi hasil menurut PSAK 105 di PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah (3) untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh jumlah deposito mudharabah dan tabungan mudharabah terhadap pembiayaan bagi hasil menurut PSAK 105 di PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang diambil ialah laporan keuangan pada PT Bank BRI Syariah periode 2015-2019. Teknik analisis yang digunakan yaitu pengujian asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas), uji statistik deskriptif, uji regresi linier, koefisien determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Pengolahan data dilaksanakan melalui aplikasi software SPSS For Windows Versi 23 agar memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengujian hipotesis secara parsial (Uji t) deposito mudharabah terhadap pembiayaan bagi hasil Pada Bank BRI Syariah berpengaruh negatif dengan hasil ttabel -3,099 > thitung 2,109. (2) Variabel tabungan mudharabah berpengaruh negatif terhadap pembiayaan bagi hasil pada Bank BRI Syariah dilakukan menggunakan uji t yaitu ttabel -3,318 > thitung 2,109. (3) Deposito mudharabah dan tabungan mudharabah terhadap pembiayaan bagi hasil secara simultan berpengaruh yang signifikan dengan hasil Fhitung 5,629 > Ftabel 3,55 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 39,8%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Deposito Mudharabah;Tabungan Mudharabah;Pembiayaan Bagi Hasil
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: ersa aulia
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:06
Last Modified: 03 Sep 2021 02:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42614

Actions (login required)

View Item View Item