Nilai-nilai bimbingan Islam dalam buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini : Analisis isi buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchela Fp

Kamilah, Maya Sifa Wafa (2020) Nilai-nilai bimbingan Islam dalam buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini : Analisis isi buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchela Fp. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy

Abstract

anti Kita Cerita Tentang Hari Ini” Karya Marchela Fp). Buku “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” yang kemudian disebut nkcthi berhasil terjual 500 eksemplar dalam waktu 2 menit pada pre-order pertama, 12 jam setelahnya yaitu pre-order kedua terjual 4000 eksemplar buku ini habis dalam waktu tujuh menit. Hingga sekarang buku ini menjadi buku laris di Indonesia dan berhasil diangkat ke layar lebar (dilansir dari akun twitter @penerbitkpg). Selain penjualan yang mengagumkan buku ini juga berhasil menyelamatkan seseorang dari keinginan bunuh diri juga menyelamatkan sebuah keluarga dari kasus perceraian (dilansir dari talkshow pada akun youtube Kompas Tv). Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah terkait isi pesan dalam buku tersebut apakah berisi bimbingan dan memiliki nilai-nilai bimbingan Islam sesuai dengan teori bimbingan Maryatul Kibtyah (2008) yang mengungkapkan 3 pokok pendekatan bimbingan Islam sesuai dengan surat An- Nahl:125, yakni pendekatan bil hikmah, al mauidhoh al hasanah, dan mujadalah bil ahsan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan dan nilai-nilai bimbingan Islam yang terkandung dalam buku “nanti kita cerita tentang hari ini” sesuai dengan teori bimbingan islam Maryatul Kibtyah. Metode penelitian ini menggunakan Analisis isi, Metode analisis isi merupakan suatu teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan, atau suatu alat untuk mengobervasi dan menganalisis isi prilaku komunikasi yang terbuka dari komunikator yang di pilih (Burhan 2003: 134). Maka setelah melakukan analisis isi pada buku “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” ditemukan pada buku ini pesan bimbingan dan memiliki nilai-nilai bimbingan Islam yang sesuai dengan Al-Qur‟an dan Hadist.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis isi; Bimbingan islam; buku;
Subjects: Applied Psychology > Personal Improvement and Analysis
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Maya Syifa Kamilah
Date Deposited: 02 Sep 2021 08:18
Last Modified: 02 Sep 2021 08:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42577

Actions (login required)

View Item View Item