Analisis pelaksanaan deposito Mudharabah berdasarkan PSAK 105 : Studi kasus pada Bank Syariah Indonesia kantor cabang Bandung Citarum

Islamiati, Hana Aulia (2021) Analisis pelaksanaan deposito Mudharabah berdasarkan PSAK 105 : Studi kasus pada Bank Syariah Indonesia kantor cabang Bandung Citarum. Sarjana thesis, UIN Sunan Funung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (615kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi yang begitu pesat, banyak kemunculan aplikasi investasi yang tidak terjamin keamanannya dan tidak berprinsip pada syariah, namun tidak sedikit juga beberapa bank bahkan semua bank memiliki produk investasi yang disebut deposito, deposito yang berdasarkan syariah adalah deposito mudharabah yang merupakan jenis produk investasi dana yang menggunakan akad Mudharabah, dimana pihak pertama berperan sebagai pemilik dana (shahibul maal) dan pihak kedua berperan sebagai pengelola dana (Mudarib) dengan keuntungan dibagi sesuai dengan kesepakatn kedua belah pihak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme dan prosedur pelaksanaan deposito mudharabah yang dilakukan di Bank Syariah Indonesia Kantor cabang Bandung Citarum, menganalisis dan mengevaluasi kesesuaian atas perlakuan PSAK 105 terkait pengakuan dan pengukuran,penyajian dan pengungkapan tentang transaksi akuntansi mudharabah yang di lakukan di Bank Syariah Kantor Cabang Bandung Citarum. Data yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan analsisis deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer yang berupa hasil wawancara di BSI KC Bandung Citarum , dan data sekunder berupa brosur,dokumen-dokumen di BSI KC Bandung Citarum. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif, yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan studikepustakaan. Teknik analisis yang digunaka dengan cara reduksi data, penyajian data, pernarikan kesimpulan dan keabsahan data. Dari hasil evaluasi dapat diketahui bahwa mekanisme deposito mudharabah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bandung Citarum telah sesuai dengan rukun dan syarat yang ada pada akad mudharabah, Perlakuan Akuntansi Deposito Mudharabah di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Bandung Citarum telah sesuai dengan PSAK 105 Mudharabah. Namun ada beberapa yang belum sesuai dari sisi penyajian, BSI KC Bandung Citarum menyajikan di laporan keuangan pada akun liabilitas namun seharusnya di sajikan dari akun aset.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Deposito Mudharabah;Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 105 (Mudharabah)
Subjects: Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Hana Aulia Islamiati
Date Deposited: 01 Sep 2021 23:52
Last Modified: 01 Sep 2021 23:52
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42558

Actions (login required)

View Item View Item