Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembentukan Patina tembaga berbasis Green Chemistry

Lutpiani, Asri (2021) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada pembentukan Patina tembaga berbasis Green Chemistry. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) tidak memungkinkan mahasiswa untuk melakukan praktikum di Laboratorium secara langsung. Pelaksanaan praktikum di rumah sebagai alternatif pelaksanaan praktikum kimia dalam proses PJJ dengan menggunakan pendekatan green chemistry. Salah satu prinsip green chemistry yang digunakan yaitu penggunaan alat dan bahan yang ramah lingkungan sehingga praktikum dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar rumah. Pengoptimalan PJJ berbasis praktikum dapat dilakukan menggunakan model pembelajaran project based learning (PBL). Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran PBL untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui praktikum dirumah pada pembentukan patina tembaga berbasis green chemistry. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian pre experiment desain one group pretest postetst design. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan soal pretest-postetst menggunakan platform Google Form, lembar kerja mahasiswa dan rubrik penilaian video project.. Soal pretest -posttest terdiri dari 6 soal mencakup dimensi kognitif C2,C3,C4 dan C6, Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mahasiswa setalah diterapkannya model pembelajaran PBL. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon dari data pretest-posttest dengan nilai Zhitung -5,3 dan Ztabel 2,33 menunjukkan -Ztabel ≥ Zhitung ≤ Ztabel maka Hipotesis nol (Ho) ditolak dan Ha diterima serta diaktegorikan peningkatan sedang dengan nilai N-gain 0,66.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PBL;patina tembaga;green chemistry;hasil belajar
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Asri Lutpiani
Date Deposited: 01 Sep 2021 23:27
Last Modified: 06 Sep 2021 03:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42553

Actions (login required)

View Item View Item