Pendidikan agama Islam dalam keluarga pada karya tulis Habiburrahman El-Shirazy : Analisis ilmu pendidikan Islam terhadap tulisan Habiburrahman El-Shirazy yang tertuang pada karya novelnya (Api Tauhid)

Azis, Sakina Ilya (2021) Pendidikan agama Islam dalam keluarga pada karya tulis Habiburrahman El-Shirazy : Analisis ilmu pendidikan Islam terhadap tulisan Habiburrahman El-Shirazy yang tertuang pada karya novelnya (Api Tauhid). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Lemahnya sisi kepribadian pada anak khususnya di Indonesia, seperti salah pergaulan yang dimana anak dapat terjerumus pada pergaulan bebas,berjudi, tawuran pelajar,mengkonsumsi minuman keras,narkoba,suka hidup mewah dan konsumtif karena gaya hidup hedonis, sekuler, materialistis, menentang orang tua, gurunya serta melanggar nilai-nilai dan norma yang ada di masyarakat,salah satunya disebabkan oleh minimnya Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)tujuan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pada novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy, 2)materi Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pada novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy,3)metode Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pada novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy, 4)karakteristik pendidik dan peserta didik Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pada novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy,dan 5) evaluasi Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pada novel Api Tauhid karya Habiburrahman El-Shirazy. Penelitian ini di dasari oleh pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dalam rangka membentuk perilaku anak. Mengingat pentingnya pendidikan agama dalam keluarga untuk membangun sumber daya manusia yang berakhlak dan bermoral, maka perlunya pemahaman pendidikan yang tepat. Novel Api Tauhid dapat dijadikan media untuk memahami Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga, karena di dalamnya terkandung pesan mengenai Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan metode nya adalah analysis content (analisis isi). Sumber data primernya yaitu novel Api Tauhid, sedangkan data sekundernya adalah buku-buku dan jurnal-jurnal. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, serta penarikan simpulan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: 1) tujuan Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pada novel Api Tauhid karya tulis Habiburrahman El-Shirazy : mengabdi kepada Allah, 2) materi Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pada novel Api Tauhid karya tulis Habiburrahman El-Shirazy: aqidah, ibadah (fiqih), akhlak, al-qur’an, hadits, dan sejarah, 3) metode Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pada novel Api Tauhid karya Tulis Habiburrahman El-Shirazy: Nasihat, Pembiasaan, Perhatian, Keteladanan, Kisah Nabawi, dan Hiwar Nabawi, 4) karakteristik pendidik dan peserta didik Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga pada novel Api Tauhid karya tulis Habiburrahman El-Shirazy: a) karakteristik pendidik: taat, rendah hati, wara’, amanah, tanggung jawab, ahli ibadah, selalu menjaga wudhu, selalu berdzikir, dan jujur. b) karakteristik peserta didik: cinta ilmu, tawaddhu’, niat menuntut ilmu karena Allah, pemaaf, tawakal, dan khauf, dan 5) evaluasi Pendidikan Agama Islam dalam keluarga pada novel Api Tauhid karya tulis Habiburrahman El-Shirazy: non-tes bentuk pengamatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Agama Islam; Keluarga; Pendidikan
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:29
Last Modified: 02 Sep 2021 06:29
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42550

Actions (login required)

View Item View Item