Pengaruh nilai-nilai pendidikan Islami melalui Prophetic Parenting dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak : Penelitian terhadap siswa kelas XI di MA al-Mufassir Majalaya

Rohimah, Ira (2021) Pengaruh nilai-nilai pendidikan Islami melalui Prophetic Parenting dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak : Penelitian terhadap siswa kelas XI di MA al-Mufassir Majalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy

Abstract

Nilai – nilai pendidikan Islami adalah segala sesuatu yang mengandung aspek positif yang bermanfaat bagi manusia berupa aturan dan norma yang ada pada pendidikan Islam dan merupakan suatu hal yang sangat penitng diterapkan dalam lingkungan keluarga melihat kondisi perubahan zaman yang semakin canggih dan gaya hidup yang semakin modern tak jarang orangtua yang salah mengaplikasikan pola asuh dalam keluarga. Adapun nilai pendidikan Islami yang dikaji dalam skripsi adalah aspek nilai ibadah, aqidah dan akhlak. Aspek tersebut sengaja dicantumkan untuk memperjelas variabel (x) terkait pola asuh kenabian yang diterapkan orangtua dalam keluarga yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di Sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Nilai – nilai Pendidikan Islami melalui Prophetic parenting dalam keluarga (2) Apakah ada pengaruh antara nilai – nilai pendidikan Islami melalui Prophetic parenting dalam keluarga dengan prestasi belajar siswa di MA Al Mufassir pada mata pelajaran Akidah akhlak kelas XI (3) Cara pembentukan prestasi anak dalam keluarga dengan pendidikan Islami melalui Prophetic Parenting. Penelitian ini memerlukan waktu dan beberapa prosedur dalam penelitian yang mencakup : 1) Pendekatan Kuantitatif dan Analisis Deskriptif, 2) Populasi dan Sampel dengan mengambil peserta didik wanita sebanyak 23 orang peserta didik kelas XI, 3) Jenis dan Sumber Data adalah sumber primer dan sumber sekunder, 4)Teknik pengumpulan data penelitian melalui dokumentasi, observasi, angket, dan tes tulis, 5) Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis korelasional. Adapun hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif adalah : (1) Analisis deskriptif gambaran nilai – nilai pendidikan Islami melalui prophetic parenting dalam keluarga (variabel x) memperoleh hasil 65,22 yang dapat dikategorikan sedang sebagaimana tabel kecenderungan yang menunjukkan rentang skor 59 – 67 termasuk pada kategori sedang (2) Analisis deskriptif gambaran prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak memperoleh hasil skor sebesar 19,09 yang dikategorikan pada kategori sedang karena rentang skor 16 < 21 berada pada tabel kecendrungan kategori sedang. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa H_0 ditolak dan H_1 diterima, karena r_(hitung ) ≥ r_tabel yaitu r_(hitung ) sebesar -0,464 dan r_tabel sebesar 0,413, artinya bahwa terdapat pengaruh antara variabel x dengan variabel y.. Pengaruh variabel x terhadap variabel y sebesar 21,5% dan 78,5% nya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain diluar variabel X. Berdasarkan tabel coefficients SPSS adalah α (angka konstan dari unstandardized coefficients) = 33,216 dan b ( angka koefisien regresi) = -0,217. Sehingga persamaan regresinya adalah Y = 33,216 – 0,217. Karena nilai koefisien regresi bernilai minus (-), sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai – nilai pendidikan Islami melalui prophetic parenting dalam keluarga (X) berpengaruh negatif terhadap Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak (Y) artinya semakin menurunnya nilai – nilai pendidikan Islami melalui prophetic parenting dalam keluarga (variabel x) maka akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak ( variabel y) dengan meningkat -0,217. Nilai angka korelasi kedua variabel tersebut terdapat korelasi negatif. Dengan melihat besarnya “r” (r hitung = - 0,464) berkisar antara 0,40 – 0,59 artinya bisa dikategorikan ke dalam korelasi negatif yang sedang atau cukup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Prophetic Parenting dalam Keluarga; Prestasi Belajar Siswa
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Education > Philosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 01 Sep 2021 23:43
Last Modified: 01 Sep 2021 23:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42549

Actions (login required)

View Item View Item