Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan kriteria Watson

Chaerunnisa, Yayu Aprilia (2021) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan kriteria Watson. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis kesalahan, faktor penyebab kesalahan, dan solusi untuk meminimalisir kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan kriteria Watson. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas X MIPA SMA Al-Ma’moen Tahun Ajaran 2020/2021 dengan jumlah 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa berdasarkan kriteria Watson yaitu kesimpulan hilang (ommited conclusion/ oc) dengan presentase 46,79% dan yang paling sedikit yaitu prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ ip) dengan presentase sebesar 0%. Faktor penyebab kesalahan siswa antara lain karena siswa kurang memahami soal, siswa kebingungan dalam menentukan langkah penyelesaian yang akan digunakan, siswa tidak teliti dalam menyelesaikan soal, siswa tidak fokus dalam menyelesaikan soal, siswa tidak terbiasa mengerjakan soal yang berbeda dengan contoh soal, dan kurangnya keterampilan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Sehingga solusi untuk meminimalisir kesalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang dipelajari, penggunaan alat peraga dan media pembelajaran lainnya, guru banyak memberi soal latihan yang bervariasi, dan dengan menerapkan Learning Therapy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Jenis Kesalahan; Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel; Kriteria Watson
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Yayu Aprilia Chaerunnisa
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:25
Last Modified: 02 Sep 2021 04:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42540

Actions (login required)

View Item View Item