Standarisasi foto jurnalistik pada headline surat kabar Tribun Jabar: Studi deskriptif penerapan komposisi Foto jurnalistik pada Tribun Jabar

Amalia, Hirni Rizki (2021) Standarisasi foto jurnalistik pada headline surat kabar Tribun Jabar: Studi deskriptif penerapan komposisi Foto jurnalistik pada Tribun Jabar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy

Abstract

Foto pada headline surat kabar menjadi hal yang terpenting dalam surat kabar , karena jika foto dalam headline itu menarik maka akan membuat animo masyarakat pada surat kabar tersebut meningkat. Penentuan foto pada headline surat kabar akan ditentukan oleh redaktur.Foto utama (headline) biasanya berhubungan dengan berita utama (headline) atau berhubungan dengan berita lain yang sudah ada pada halaman muka. Ada tiga poin penting yang menjadi tujuan penelitian. Pertama, penentuan Objek Foto Jurnalistik pada Headline surat kabar Tribun Jabar. Kedua, penentuan Point of Interest foto jurnalistik pada headline Tribun Jabar. Ketiga, penentuan Variasi Longshot, Medium shot, Close Up shot Foto Jurnalistik untuk Headline surat kabar Tribun Jabar. Dalam meninjau standarisasi foto jurnalistik pada Headline surat kabar Tribun Jabar,peneliti menggunakan metode deskriftif bertujuan melukiskan atau memaparkan secara sistematis fakta, karakteristik, dan bidang-bidang tertentu secara faktual dan cermat. Sementara untuk lebih mempermudah pemaparan hasil penelitian, proses pengumpulan data ini lebih menitikberatkan pada observasi dan wawancara. Ada beberapa hal yang dapat ditarik kesimpulannya oleh peneliti. (1) Menentukan foto jurnalistik untuk headline diambil dari isu berita yang menarik dan yang mempunyai nilai jual,atau isu yang diangkat sedang ramai diperbincangkan.(2) Penentuan objek foto dalam surat kabar tidak lepas dari kebijakan redaksi, dalam memberikan kebijakan. (3) Dalam menentukan Point of Interest dari foto jurnalistik headline itu dapat dilihat dari berbagai sisi seperti peristiwa nya, human interest nya, lalu dipastikan isu itu menarik untuk diangkat. (4) Menentukan kriteria Variasi pengambilan gambar yakni dengan mengambil gambar dari banyak sudut. Untuk memerikan variasi itu tidak hanya dibutuhkan satu foto, foto tersebut diambildari berbagai angle agar terlihat menarik dari segi manapun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Standarisasi;Foto Jurnalistik; Headline; Surat Kabar
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Photographs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Hirni Rizki Amalia
Date Deposited: 03 Sep 2021 05:08
Last Modified: 03 Sep 2021 05:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42539

Actions (login required)

View Item View Item