Analisis penalaran matematis siswa melalui pembuktian ditinjau dari gaya berpikir Gregorc : Penelitian kualitatif di SMA Negeri 3 Sumedang

Fauziyah, Riza Rizki (2021) Analisis penalaran matematis siswa melalui pembuktian ditinjau dari gaya berpikir Gregorc : Penelitian kualitatif di SMA Negeri 3 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (730kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy

Abstract

Penalaran matematis dapat digunakan untuk menentukan kebenaran atau membangun suatu argumen yang baru salah satunya dengan menggunakan metode pembuktian induksi matematika. Namun, masih banyak siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis rendah karena dipengaruhi beberapa faktor yaitu gaya berpikir setiap siswa yang berbeda. Karena hal itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kategori kemampuan penalaran matematis, kemampuan penalaran matematis pada setiap indikator dan permasalahan yang dialami siswa dalam mengerjakan soal induksi matematika ditinjau dari gaya berpikir Gregorc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu 24 siswa kelas XI MIPA 4 di SMAN 3 Sumedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kategori kemampuan penalaran matematis siswa gaya berpikir SK dan SA sangat kurang baik sedangkan gaya berpikir AK dan AA hampir tidak baik. Untuk kemampuan penalaran matematis pada setiap indikator, tidak mampu dilakukan pada mengajukan dugaan oleh AK; menyusun pembuktian oleh SK; memberikan alasan terhadap kebenaran solusi oleh AK dan AA; menarik kesimpulan oleh AK; memeriksa kesahihan suatu argumen oleh SK, SA dan AA. Permasalahan yang dialami subjek dalam mengerjakan soal induksi matematika antara lain kesulitan pada tahap pembuktian n=k+1, sulit memahami maksud soal, serta kesulitan untuk membuat bentuk umum atau rumus yang ditanyakan pada soal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Penalaran Matematis; Pembuktian; Gaya Berpikir Gregorc
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Algebra
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Riza Rizki Fauziyah
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:06
Last Modified: 02 Sep 2021 04:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42536

Actions (login required)

View Item View Item