Analisis pengaruh ROA, NPF, FDR dan CAR terhadap pembiayaan Mudharabah pada bank umum syariah dan unit usaha syariah tahun 2015-2019

Alfazza, Fauzan Mugni (2021) Analisis pengaruh ROA, NPF, FDR dan CAR terhadap pembiayaan Mudharabah pada bank umum syariah dan unit usaha syariah tahun 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu produk Bank Syariah yang dapat menggerakan ekonomi masyarakat adalah pembiayaan bagi hasil mudharabah akan tetapi berdasarkan data Otoritas Jasa Kauangan (OJK) pembiayaan bagi hasil mudharabah yang sifatnya produktif masih di bawah piutang murabahan yang sifatnya konsumtif tahun 2015-2019, maka dilakukan penelitian pada beberapa alat ukur kinerja keuangan perbankan syariah secara umum seperti seperti Return on Asset (ROA), Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR), dan Capital Adequacy Ratio (CAR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan seberapa besar pengaruh variabel Return on Asset (ROA), Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) terhadap pembiayaan mudharabah pada Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif ekslanatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yakni sumber data sekunder yang diambil dari laporan keuangan Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) tahun 2015-2019 yang dipublikasikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kepustakaan, pengumpulan data sekunder dan pengamatan observasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, dan uji autokorelasi), analisis statistik (analisis regresi linier berganda, uji-t, uji-f dan analisis koefisien determinasi). pengolahan data dilakukan dengan menggunakan cara perhitungan menggunakan SPSS For Windows 20.0 untuk memperkuat hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan pembiayaan mudharabah di Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) tahun 2015-2019 mengalami kenaikan dan penurunan secara fluktuatif. Secara parsial Return on Asset (ROA) berpengaruh signifikan ke arah positif terhadap pembiayaan mudharabah sedangkan Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) memiliki pengaruh signifikan ke arah negatif terhadap pembiayaan mudharabah dan secara simultan Return on Asset (ROA), Non Performing Financing (NPF), Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh signifikan terhadap pembiayaan mudharabah pada Bank Umum Syariah (BUS) dan Unit Usaha Syariah (UUS) di Indonesia tahun 2015-2019. Sisanya dipengaruhi oleh variable lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah; Return on Asset (ROA); Non Performing Financing (NPF); Financing to Deposit Ratio (FDR); Capital Adequacy Ratio (CAR)
Subjects: Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Organizations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Fauzan Mugni Alfazza
Date Deposited: 01 Sep 2021 23:10
Last Modified: 01 Sep 2021 23:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42490

Actions (login required)

View Item View Item