Pengaruh tabungan Mudharabah dan pembiayaan Mudharabah menurut PSAK no.105 terhadap pendapatan bersih pada Bank BRI Syariah dan Bank BJB Syariah periode 2016-2019

Faidah, Ifa (2021) Pengaruh tabungan Mudharabah dan pembiayaan Mudharabah menurut PSAK no.105 terhadap pendapatan bersih pada Bank BRI Syariah dan Bank BJB Syariah periode 2016-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Perbankan syariah di Indonesia mengalami perkembangan dengan seiring keingintahuan masyarakat tentang produk bank syariah yang menggunakan sistem bagi hasil tentunya berbeda dengan bank konvensional yang menggunakan sistem bunga. Satu produk bank syariah yang menerapkan sistem bagi hasil yaitu pada produk pendanaan dan pembiayaan modal kerja, yakni tabungan mudharabah dan pembiayaan mudharabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh tabungan mudharabah terhadap pendapatan bersih pada Bank BRI Syariah; (2) Pengaruh tabungan mudharabah terhadap pendapatan bersih pada Bank BJB Syariah; (3) Pengaruh Pembiayaan Mudharabah menurut PSAK No.105 terhadap pendapatan bersih pada Bank BRI Syariah; (4) Pengaruh Pembiayaan Mudharabah menurut PSAK No.105 terhadap pendapatan bersih pada Bank BJB Syariah; (5) Pengaruh tabungan mudharabah, pembiayaan mudharabah secara simultan terhadap pendapatan bersih pada Bank BRI Syariah; (6) Pengaruh tabungan mudharabah, pembiayaan mudharabah secara simultan terhadap pendapatan bersih pada Bank BJB Syariah serta (7) Analisis komparasi antara laporan keuangan pada Bank BRI Syariah dan Bank BJB Syariah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan subjek penelitiannya dilakukan di Bank Rakyat Indonesia Syariah dan Bank Jabar Banten Syariah periode 2016-2019. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa; 1) Tabungan Mudharabah berpengaruh positif signifikan terhadap Pendapatan Bersih pada Bank BRI Syariah; (2) Tabungan Mudharabah tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Pendapatan Bersih pada Bank BJB Syariah; (3) Pembiayaan Mudharabah berpengaruh negatif signifikan terhadap Pendapatan Bersih pada Bank BRI Syariah; (4) Pembiayaan Mudharabah tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Pendapatan Bersih pada Bank BJB Syariah; (5) Tabungan Mudharabah dan Pembiayaan Mudharabah secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Pendapatan Bersih pada Bank BRI Syariah; (6) Tabungan Mudharabah dan Pembiayaan Mudharabah secara simultan tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Pendapatan Bersih pada Bank BJB Syariah; (7) Pada bank BRI hubungan antara Tabungan Mudharabah dan Pembiayaan Mudharabah terhadap Pendapatan Bersih dikategorikan “Kuat”. Sedangkan pada bank BJB Syariah hubungan antara Tabungan Mudharabah dan Pembiayaan Mudharabah terhadap Pendapatan Bersih dikategorikan “Lemah”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tabungan Mudharabah; Pembiayaan Mudharabah; Pendapatan Bersih
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Ifa Faidah
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:02
Last Modified: 01 Sep 2021 08:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42481

Actions (login required)

View Item View Item