Tanggapan siswa terhadap pembelajaran E-Learning madrasah hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis : Penelitian pada siswa kelas XI MA Al-Falaahiyah

Abadiyyah, Siti Sholihatul (2021) Tanggapan siswa terhadap pembelajaran E-Learning madrasah hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis : Penelitian pada siswa kelas XI MA Al-Falaahiyah. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MA Al-Falaahiyah Sumedang sedang melaksanakan pembelajaran yang dapat mendukung belajar jarak jauh berbasis aplikasi e-learning madrasah sebelum adanya COVID-19 ini sampai sekarang. Pada hakikatnya peserta didik akan menerima pembelajaran walaupun dengan keadaan yang berbeda dengan pembelajaran dikelas. Hal ini bertujuan untuk tercapainya kompetensi dasar yang wajib dimiliki peserta didik. Tetapi, pembelajaran yang dicoba dengan e-learning madrasah masih belum efisien sebab mengalami banyak hambatan untuk peserta didik. Maka dari itu, penulis menganggap perlu diadakannya suatu penelitian ilmiah untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana tanggapan siswa terhadap pembelajaran e-learning madrasah hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) realitas tanggapan peserta didik kelas XI terhadap pembelajaran e-learning madrasah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, 2) motivasi belajar peserta didik kelas XI, 3) hubungan tanggapan peserta didik kelas XI terhadap pembelajaran e-learning madrasah dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, Penelitian ini berangkat dari pemikiran bahwa tanggapan itu akan muncul setelah individu melakukan pengamatan yang akan mempengaruhi motivasi belajar peserta didik tersebut, maka akan ada motivasi dalam dirinya untuk belajar. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran e-learning madrasah maka akan semakin tinggi pula motivasi belajar mereka. Begitu pun sebaliknya. Langkah-langkah penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden 40 orang peserta didik kelas XI MA Al-falaahiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu: Analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) realitas tanggapan peserta didik kelas XI terhadap pembelajaran e-learning madrasah pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,53 yang berada pada interval 3,40– 4,19. (2) motivasi belajar peserta didik kelas XI berkategori sedang dengan nilai 3,37 yang berada pada interval 2,60 –3,39. (3) hubungan tanggapan peserta didik kelas XI terhadap pembelajaran e-learning madrasah dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis berkategori rendah, memperoleh angka koefisien 0,2514 yang berada pada interval 0,20–0,39. Hasil pengujian hipotesis memperoleh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan; E-learning Madrasah; Motivasi Peserta Didik;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sholihatul Abadiyyah
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:18
Last Modified: 07 Sep 2021 03:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42474

Actions (login required)

View Item View Item