Analisis kandungan mutu ekstrak pektin dari kulit pisang kastroli (Musa paradisiaca var. Kastroli) sebagai emulsifier menggunakan Metode Sonikasi

Hartati, Neng Sri (2021) Analisis kandungan mutu ekstrak pektin dari kulit pisang kastroli (Musa paradisiaca var. Kastroli) sebagai emulsifier menggunakan Metode Sonikasi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy

Abstract

Penambahan pektin ke dalam emulsi dapat mengubah karakteristik emulsi dan kestabilan emulsinya. Namun, sumber pektin secara industri masih terbatas sehingga diperlukan sumber pektin berbiaya rendah seperti kulit pisang yang merupakan produk sampingan industri rumahan yang kaya akan pektin. Pada penelitian ini digunakan jenis kulit pisang yang keberadaanya masih awam di telinga masyarakat yaitu pisang kastroli sebagai sumber ekstrak pektin. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan suhu dan waktu ekstraksi sonikasi terbaik untuk menghasilkan rendemen pektin tertinggi dan kualitas yang paling baik sesuai standar mutu pektin menurut IPPA (International Pectin Producers Association), serta mengidentifikasi kestabilan gel pektin sebagai emulsifier. Metode ekstraksi dilakukan dengan memanfaatkan gelombang ultrasonik 37 kHz dari Elmasonic S30H menggunakan pelarut asam sitrat 5%. Ekstrak pektin KPK (Kulit Pisang Kastroli) selanjutnya diuji kandungan mutunya sesuai dengan parameter pektin menurut IPPA untuk mengetahui kualitas pektin terbaik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ekstraksi pada suhu 70℃ selama 15 menit memberikan hasil rendemen yang tinggi yaitu 12,96% namun tidak memberikan kualitas pektin yang baik. Hasil ekstrak pektin KPK kualitas terbaik yaitu pada perlakuan suhu 60℃ selama 30 menit. Selanjutnya pektin terbaik dilakukan karakterisasi FTIR dan uji kestabilan emulsi. Hasil karakterisasi FTIR menunjukkan bahwa gugus fungsi yang dihasilkan sesuai dengan gugus fungsi pektin standar. Hal ini menunjukkan bahwa hasil ekstraksi adalah benar senyawa pektin. Gel pektin dapat stabil sebagai pengemulsi pada konsentrasi rendah yaitu 5 mg. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa pektin dari kulit pisang kastroli telah memenuhi standar mutu IPPA, pektin KPK juga dapat dimanfaatkan sebagai pengemulsi pada industri, seperti industri pangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: FTIR; Kulit Pisang Kastroli; Kestabilan Emulsi; Pektin; Standar Mutu IPPA
Subjects: Chemistry and Allied Science > General Publications of Chemistry
Biochemistry
Food Technology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Neng Sri Hartati
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:40
Last Modified: 06 Sep 2021 04:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42473

Actions (login required)

View Item View Item