Profesionalisme jurnalis perempuan dalam peliputan covid - 19 : Studi fenomenologi jurnalis perempuan dalam peliputan covid -19 di Kota Bandung

Safitri, Diana Nur (2021) Profesionalisme jurnalis perempuan dalam peliputan covid - 19 : Studi fenomenologi jurnalis perempuan dalam peliputan covid -19 di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi selama peliputan di lapangan, menjadikan kerja sebagai wartawan dianggap sebagai pekerjaan yang maskulin. Dengan segala problematika masih banyak dari kalangan perempuan yang memilih berprofesi sebagai wartawan. Untuk menjadi seorang wartawan perempuan, harus memiliki pribadi yang berani dan sigap dalam melakasanakan pekerjaan, profesionalisme kerja di dalam ruang redaksi ataupun diluar lapangan menjadi sifat & sikap yang harus dimiliki wartawan perempuan untuk menghadapi tantangan kerja yang datang kapan saja. Tujuan dengan adanya penelitian ini untuk mengetahui bagamaina Profesi jurnalis perempuan liputan dilapangan saat pandemi seperti ini. Bisa dibilang jurnalis prepmpuan mampu memiliki keberanian untuk mengulkan informasi apalagi berkaitan dengan pandemi Covid – 19 untuk turun kelapangan agar menyajikan berita fakta. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Dalam studi fenomenologi, tindakan manusia serta segala peristiwa yang telah terjadi dianggap sebagai sebuah realitas yang bermakna. Individu bisa memberikan makna terhadap realitas tersebut. metode ini merupakan pandangan berfikir yang menekankan pada pengalaman-pengalaman manusia dan bagaimana manusia menginterpretasikan pengalamannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa makna profesionalisme jurnalis perempuan adalah sebagai hati nurani dan bentuk tanggung jawab kerja baik dari penulisan dan teknis kerja yang sesuai dengan aturan dan etika jurnalistik. Dengan berbagai macam latar belakang yang mendorong para jurnalis perempuan terjun kedunia jurnalistik untuk mecari berita fakta saat Pandemi Covid -19, para jurnalis perempuan mempunya cara profesional untuk mengahadapi problemtika yang datang dari dalam maupun luar lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa jurnalis perempuan dapat memaknai profesioalisme kerja wartawan berdasarkan pengalaman kerja menjadi wartawan. Jurnalis yang profesional dapat dilihat dari bagaimana pengalaman, rasa ingin tahu dan juga pengetahuan. Dengan berbagai macam tantangan yang ada dalam kerja jurnalis menjadi pembelajaran tersendiri bagi para jurnalis perempuan di kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jurnalis Perempuan; Fenomenologi
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications > Wireless Communications
Communications Telemunications > Television Broadcasting
Communications Telemunications > Telephon
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Diana Nur Safitri
Date Deposited: 01 Sep 2021 06:47
Last Modified: 01 Sep 2021 06:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42470

Actions (login required)

View Item View Item