Pengaruh layanan orientasi terhadap kepercayaan diri mahasiswa : Penelitian pada pekan orientasi mahasiswa dan pengenalan akademik tahun 2020 di Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Bandung

Ismail, Candra Taufik (2021) Pengaruh layanan orientasi terhadap kepercayaan diri mahasiswa : Penelitian pada pekan orientasi mahasiswa dan pengenalan akademik tahun 2020 di Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Masa Orientasi (MOS) merupakan kegiatan yang sering ada saat pertama kali memasuki dunia pendidikan. Kegiatan ini dilakukan di semua jenjang mulai dari SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi. Pelaksanakan menggunakan sebuah teori yang agar lebih bisa memudahkan peserta didik baru untuk bisa memahami lingkungn barunya serta lebih meningkatkan kepercayaan diri. Salah satu bentuk masa orientasi di jurusan Bimbingan Konseling Islam yaitu POMPA. Layanan Orientasi ini dibungkus sedemikian rupa dan pelaksanaannya dilakukan oleh mahasiswa senior yang seharusnya sudah mempelajari layanan tersebut. Sehingga, terlaksana kegiatan ini dirasa akan lebih bermanfaat pemakainnya bagi mahasiswa baru. Penelitian ini bertujuan mencari seberapa singnifikannya pengaruh aktivitas Layanan Orientasi dalam aktivitas Ospek spesialnya di Jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2020 yang bernama POMPA (Pekan Oreintasi Mahasiswa serta Pengenalan Akademik) terhadap Kepercayaan diri Mahasiswa. Sehingga sebagian intansi pembelajaran bisa mempraktikkan jenis- jenis layanan Bimbingan Konseling Islam dalam aktivitas orientasi serta pengenalan area sekolah maupun kampus. Penelitian ini didasari dari teori Layanan Orientasi dan teori Lautser yang membahas tentang kepercayan diri. Yang artinya peneliti akan lebih memfokuskan pada pengamatan perkembangan perilaku dari layanan orientasi terhadap kepercayaan diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sebanyak 40 mahasiswa baru sebagai sampel didasari teknik purposive sampling sehingga sampel dipilih oleh peneliti dengan syarat-syarat tertentu. Berdasarkan hasil data maka diperoleh : nilai signifikan (Sig) nya sebesar 0. 008 lebih kecil dari pada Alpha 0. 05 sehingga bisa diambil kesimpulan kalau Ho ditolak dan H1 diterima, yang maksudnya terdapat pengaruh layanan orientasi (X) terhadap kepercayaan diri mahasiswa (Y). Sedangkan besarnya pengaruh layanan orientasi terhadap kepercayaan diri mahasiswa yakni sebesar 42% sebaliknya sisanya 58% kepercayaan diri mahasiswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Orientasi;kepercayaan diri;mahasiswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Candra Taufik Ismail
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:13
Last Modified: 01 Sep 2021 08:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42463

Actions (login required)

View Item View Item