Implementasi E-learning berbasis website mata pelajaran PAIBP pada masa pandemi covid-19: Penelitian deskriptif kualitatif pada kelas XI SMK Bakti Nusantara 666 Kec. Cileunyi Kab. Bandung

Salam, Wahab Ihsan (2021) Implementasi E-learning berbasis website mata pelajaran PAIBP pada masa pandemi covid-19: Penelitian deskriptif kualitatif pada kelas XI SMK Bakti Nusantara 666 Kec. Cileunyi Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa di SMK Bakti Nusantara 666 menggunakan e-learning berbasis website sebagai media pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Penerapan e-learning dimasa pandemi akan menjadi suatu hal yang baru bagi sekolah, guru dan juga peserta didik, tentunya akan sangat berbeda dengan pembelajaran PAIBP normal tatap muka. Adapun Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui keadaan pembelajaran sebelum terjadi pandemi Covid-19 PAIBP di SMK Bakti Nusantara 666, (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi E-learning berbasis Website mata pelajaran PAIBP di SMK Bakti Nusantara 666 pada masa pandemi Covid 19, (3) Untuk mengetahui sejauh mana hasil implementasi Elearning berbasis Website mata pelajaran PAIBP di SMK Bakti Nusantara 666 pada masa pandemi Covid 19. Penerapan e-learning berbasis website merupakan pilihan yang digunakan oleh sekolah SMK Bakti Nusantara 666 disaat sekolah lain menggunakan media sosial sebagai media pembelajaran yang diharapkan bisa menyerupai pembelajaran di kelas sesungguhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk menampilkan hasil data apa adanya secara akurat tanpa dibuat manipulasi. Serta dalam menganalisis data menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman yang terdiri dari beberapa tahap diantaranya, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan : (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada sekolah SMK bakti Nusantara 666 sebelum pembelajaran online pembelajaran berjalan secara normal, yaitu tatap muka ke sekolah, pembelajaran didalam kelas sangat menarik karena adanya interaksi secara langsung (2) Kendala dalam implementasi e-learning berbasis website yang dihadapi berasal dari kendala internal dan eksternal, (3) Implementasi e-learning sudah bisa dikatakan berhasil, namun tingkat ketercapaiannya belum bisa disamakan ketika pembelajaran tatap muka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: e-learning; website; pandemi; covid-19
Subjects: Islam
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wahab Ihsan Salam
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:44
Last Modified: 01 Sep 2021 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42462

Actions (login required)

View Item View Item