Layanan konseling sebaya untuk meningkatkan keterampilan sosial santri: Penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Cikajang Garut

Nurbaitilah, Silvi (2021) Layanan konseling sebaya untuk meningkatkan keterampilan sosial santri: Penelitian di Pondok Pesantren Darussalam Cikajang Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kondisi santri di pondok pesantren yang mengalami berbagai permasalahan. Salah satu faktor penyebabnya adalah rendahnya keterampilan sosial yang dimiliki oleh santri. Hal ini ditunjukan dengan keadaan santri yang mengasingkan diri, sering melanggar peraturan, murung dan menangis saat berada di pesantren, konflik dengan teman serta merasa malas dan enggan mengikuti aktifitas yang ada di pesantren. Jika tidak segera diatasi maka keadaan ini berpotensi menyebabkan santri mengalami stress dan tertekan. Dampaknya, menghambat proses pengembangan potensi santri selama berada di pondok pesantren. Oleh karena itu, mengingat pentingnya keterampilan sosial bagi seorang santri yang berada di pondok pesantren, maka Pondok Pesantren Darussalam menyediakan layanan konseling sebaya sebagai salah satu upaya meningkatkan keterampilan sosial santri dengan memanfaatkan hubungan teman sebaya, sehingga santri dapat meningkatkan keterampilan sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses, hambatan dan hasil yang dicapai dalam layanan konseling sebaya untuk meningkatkan keterampilan sosial santri di Pondok Pesantren Darussalam Cikajang Garut. Metode dan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode deskirptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara langsung dan tertulis. Hasil penelitian ini menunjukan program layanan konseling sebaya yang dilakukan sudah berjalan dengan baik dan memenuhi unsur- unsur pelaksanaan layanan konseling sebaya. Proses layanan yang diberikan berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa hal yang bisa lebih dimaksimalkan dalam tahap persiapannya seperti dalam tahap pelatihan calon konselor sebaya. oleh karena itu, peneliti menemukan hambatan- hambatan dalam pelaksannya berupa mental bloking, kesulitan mencari waktu luang, serta adaptasi dengan kultur santri yang beragam. Adapan hasil yang dicapai dari layanan Konseling sebaya di Pondok Pesantren Darussalam Cikajang Garut ialah layanan konseling sebaya bagi santri mampu menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan sosial santri. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku santri di pondok Pesantren Darussalam berdasarkan wawancara tertulis yang sesuai dengan indikator- indikator keterampilan sosial dan semakin meningkatnya keterampilan sosial santri di Pondok Pesantren Darussalam Cikajang Garut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Santri; Keterampilan Sosial; Konseling Sebaya
Subjects: Ethics of Social Relations
Islam Umum > Muslim, Orang Islam, Imam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Silvi Nurbaitilah
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:52
Last Modified: 01 Sep 2021 07:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42456

Actions (login required)

View Item View Item