Penerapan teknik modeling dalam konseling individu untuk mengatasi kecanduan game online: Penelitian di SMP Negeri 4 Cisarua Kab. Bandung Barat

Suniarizki, Silmia (2021) Penerapan teknik modeling dalam konseling individu untuk mengatasi kecanduan game online: Penelitian di SMP Negeri 4 Cisarua Kab. Bandung Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan teknik modeling dalam konseling individu merupakan usaha yang dilaksanakan konselor untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja, melalui proses pengamatan terhadap orang lain dan perubahan terjadi melalui peniruan. Proses penerapan bertujuan untuk mengubah tingkah laku negatif konseli akibat dari kecanduan game online agar konseli menjadi pribadi yang positif dalam menjalani kehidupannya sesuai dengan tingkah laku yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses penerapan teknik modeling dalam konseling individu untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja di SMP Negeri 4 Cisarua Kab. Bandung Barat, 2) mengetahui hasil penerapan teknik modeling dalam konseling individu untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja di SMP Negeri 4 Cisarua Kab. Bandung Barat. Penelitian ini berlandaskan pada pemikiran Prayitno bahwa konseling individu ialah cara membantu konseli menstrukturkan kembali masalah dan menyari life sytle serta mengurangi penilaian negatif terhadap diri sendiri maupun perasaan inferioritasnya. Melalui fungsi konseling individu, yaitu pemahaman, pengetasan, pengembangan, dan pencegahan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi secara langsung serta wawancara yang dilaksanakan kepada guru Bimbingan Konseling SMPN 4 Cisarua (konselor), konseli, model, orang tua, dan teman konseli. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses penerapan teknik modeling dalam konseling individu dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu tahap awal, tahap pertengahan, dan tahap akhir. Proses modeling dilaksanakan konselor degan menggunakan sahabat konseli sebagai model nyata dan model simbolik berupa film The Massage dan Negeri 5 Menara. 2) Hasil dari proses konseling terjadi perubahan yang awalnya masih dilakukan menjadi kadang-kadang bahkan menjadi tidak dilakukan sama sekali. Hal tersebut dibuktikan dari dampak kecanduan game online yang sudah hampir atau tidak pernah dilakukan lagi oleh konseli. Konseli memiliki tingkah laku baru yang diadaptasi dari model dan konseli menjadikan keteladanan dari film yang ditayangkan untuk dijadikan contoh dalam bertingkah laku dengan baik. Sehingga merubah konseli menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih positif dari sebelumnya. Adapun hal positif yang ada terjadi pada konseli yaitu, mengisi wa`ktu luang dengan hal yang bermanfaat, bertanggung jawab dalam melaksanakan shalat dan tugas sekolah, menjalin hubungan pertemanan dengan bersosialisai, dan mampu mengendalikan emosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik Modeling; Konseling Individu; Kecanduan Game Online
Subjects: Humanism Philosophy
Technology, Applied Sciences
Human Physiology
Techniques and Procedures > Methods of Painting
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Silmia Suniarizki
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:08
Last Modified: 01 Sep 2021 08:08
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42449

Actions (login required)

View Item View Item