Pengaruh kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap karakter Islami peserta didik : Studi deskriptif analitis di MA Ar-Rochmah Lembang Kab. Bandung Barat

Fanani, Asep Irfan (2021) Pengaruh kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap karakter Islami peserta didik : Studi deskriptif analitis di MA Ar-Rochmah Lembang Kab. Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penyusun di MA Ar-Rochmah Lembang, diperoleh fenomena yang cukup menarik untuk diteliti, bahwa meskipun di sekolah tersebut diterapkan pendidikan karakter Islami, namun pada kenyataannya masih ada peserta didik yang melanggar. Dari sebanyak 85 siswa terdapat sekitar 60 persen siswa yang menyimpang dari karakter Islami. Contohnya adalah masih banyak peserta didik yang berbicara tidak sopan, berperilaku kasar, tidak menghargai orang tua, bullying dan lain sebagainya. Keadaan seperti ini sangat mengkhawatirkan bagi para orangtua dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Ar-Rochmah Lembang Kabupaten Bandung Barat, 2). Mengetahui karakter Islami peserta didik di Madrasah Aliyah Ar-Rochmah, 3). Mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap karakter Islami peserta didik di Madrasah Aliyah Ar-Rochmah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk memperoleh data mengenai pengaruh kompetensi kepribadian guru akidah akhlak terhadap karakter Islami peserta didik, penyusun menggunakan teknik angket, dokumentasi, dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 63 orang. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara statistik dengan menggunakan langkah-langkah uji normalitas data, regresi linier dan korelasi dengan menggunakan aplikasi PSPPIRE. Kompetensi kepribadian guru akidah akhlak menunjukkan kategori tinggi. Hal ini didasarkan atas hasil pengisian angket oleh 63 responden yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,59. Menurut ukuran kualifikasinya Angka tersebut tergolong pada kategori tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Sedangkan karakter Islami peserta didik menunjukkan kategori tinggi. Hal ini didasarkan atas hasil pengisian angket oleh 63 responden yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,52. Menurut ukuran kualifikasinya Angka tersebut tergolong pada kategori tinggi karena berada pada interval 3,40 – 4,19. Perhitungan koefisien korelasi tersebut diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,776 angka korelasi ternyata signifikan 5% yang diajukan oleh nilai t_(hitung ). sebesar 3,15, dan t_(tabel ). sebesar 1,999. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari Variabel X terhadap Variabel Y. Ini juga menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho). ditolak dan hipotesis alternatif (Ha). diterima. Angka koefisien korelasi 0,776 termasuk kategori kuat karena berada pada interval 0,61 – 0,80. Sementara itu derajat pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y diketahui 29 % dan masih terdapat 71 % lagi faktor lain yang dapat mempengaruhi karakter Islami peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru; Guru Akidah Akhlak; Karakter Islami Peserta Didik;
Subjects: Education > Psychology of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asep Irfan Fanani
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:05
Last Modified: 01 Sep 2021 04:05
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42446

Actions (login required)

View Item View Item