Objektivitas pascarevisi UU KPK : Analisis wacana model Teun A. Van Dijk pada media online Pikiran Rakyat.com dan Republika.co.id edisi sep-des 2019

Dewi, Ayuni Fitriya (2020) Objektivitas pascarevisi UU KPK : Analisis wacana model Teun A. Van Dijk pada media online Pikiran Rakyat.com dan Republika.co.id edisi sep-des 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy

Abstract

Peristiwa berita yang sering muncul dalam benak manusia itu sesuatu yang diserap setelah peristiwa. Ia tidak identik dengan peristiwa, melainkan sebuah upaya untuk merekonstruksi kerangka inti peristiwa tersebut, inti yang disesuaikan dengan kerangka acuan yang dipertimbangkan agar peristiwa itu memiliki arti bagi pembaca karena berita memliki power untuk membentuk opini publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur makro, sktruktur mikro dan superstruktur objektivitas pemberitaan media online pasca revisi UU KPK banyaknya yang beranggapan bahwa perbedaan setidaknya mengacu dalam tujuh point dalam UU baru, yang sebenernya sudah mendapat penolakan keras dari publik. Pemberitaaan ini menggunakan teori analisis wacana Teun Van Dijk, sebuah teks berita dapat dianalisis dengan struktur makro, superstruktur dan struktur mikro, sample berita yang dianalisis terdapat tujuh campuran dari pikiran Rakyat.com dan Replubika.co.id edisi September-Desember 2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang menggambarkan arti dan tujuan dari apa yang telah dituliskan oleh wartawan Pikiran Rakyat dan Republika. Dalam memberitakan kepada penikmat berita di Indonesia khususnya jawa barat dengan untuk mengungkap dari arah sebuah berita diberitakan. Hasil Penelitian ini memperoleh bahwa berita yang disajikan peristiwa pasca revisi UU KPK menjelaskan secara keseluruhan mengenai bagaimana revisi UU menjadi undang-undang No 19 tahun2019 tentang perubahan UU KPK, pada elemennya memberitakan resminya menjadi undang-undang dengan dimensi kefakualannya yang menggunakan bahasa pada umumnya dengan menunjukan keakuratannya terlihat dengan adanya chek dan recheck.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Objektivitas; Analisis Wacana; Media Online
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Adult Education
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: 1164050028 Ayuni Fitriya Dewi
Date Deposited: 02 Sep 2021 00:19
Last Modified: 02 Sep 2021 00:19
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42405

Actions (login required)

View Item View Item