Sintesis resin berbasis mikrokapsul Ca-Alginat dengan Kitosan terimobilisasi dan aplikasinya sebagai material pengisi kolom dalam prakonsentrasi Ion Cd(II)

Sari, Widi Mulyani (2021) Sintesis resin berbasis mikrokapsul Ca-Alginat dengan Kitosan terimobilisasi dan aplikasinya sebagai material pengisi kolom dalam prakonsentrasi Ion Cd(II). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Kadmium (Cd) merupakan unsur logam berat yang paling beracun setelah merkuri (Hg) dan termasuk salah satu pencemar lingkungan terutama perairan. Kadar kadmium cenderung sangat rendah dalam air, sehingga diperlukan teknik tertentu dalam penentuan kadarnya yaitu dengan prakonsentrasi. Proses prakonsentrasi dapat dilakukan dengan berbagai macam metode. Pada penelitian ini digunakan metode ekstraksi fasa padat (solid phase extraction) dengan fasa padat yang digunakan yaitu mikrokapsul Ca-Alginat yang diimobilisasi oleh kitosan untuk meningkatkan kemampuan mikrokapsul dalam menyerap ion logam Cd(II) serta untuk menjaga stabilitas secara kimia dan mekanik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik mikrokapsul yang dibuat melalui proses mikroenkapsulasi dengan metode gelasi ion serta kondisi optimum dan validitas dari metode prakonsentrasi yang dilakukan. Tahapan prakonsentrasi dilakukan dengan melewatkan larutan sampel melalui kolom, kemudian dielusi oleh eluen. Kadar Cd(II) dalam eluat diukur menggunakan FAAS. Hasil karakterisasi FT-IR menunjukkan adanya serapan yang lemah pada bilangan gelombang 1597,06 cm-1 dan 1465,90 cm-1 yang menunjukkan adanya gugus amina (N-H) bending yang berasal dari kitosan dan uluran gugus karboksilat (COO-) yang berasal dari Na-alginat. Lemahnya serapan kedua gugus tersebut mengindikasikan bahwa telah terbentuknya ikatan elektrostatik antara gugus COO- pada alginat dan gugus NH2+ pada kitosan. Hasil karakterisasi SEM menunjukkan bahwa mikrokapsul Ca-Alginat-Kitosan memiliki karakteristik morfologi permukaan yang sedikit kasar dan tidak beraturan. Hasil penelitian menunjukkan kondisi optimum prakonsentrasi untuk ion logam Cd(II) yaitu pada jenis eluen HNO3, konsentrasi eluen 1 M, dan volume eluen 4 mL. Validitas metode ini sangat baik untuk analisis ion logam Cd(II) yang ditunjukkan dari linearitas pada konsentrasi runut dengan nilai R2 sebesar 0,9983; nilai rentang % akurasi sebesar 80,953–103,581%; nilai % RSD sebesar 1,36; serta nilai LOD dan LOQ sebesar 0,0068 mg/L dan 0,0227 mg/L.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ca-Alginat-Kitosan;Cd(II);FAAS;mikrokapsul;prakonsentrasi
Subjects: Analytical Chemistry
Analytical Chemistry > Qualitative Analysis, Quantitavie Analysis of Chemistry
Inorganic Chemistry > Metals, Their Compounds and Mixtures
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Widi Mulyani Sari
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:43
Last Modified: 01 Sep 2021 03:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42396

Actions (login required)

View Item View Item