Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi Symbolab : Penelitian kuasi eksperimen di MTs Al-Ahliyah Karawang

Abdillah, Rahma Nur (2021) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi Symbolab : Penelitian kuasi eksperimen di MTs Al-Ahliyah Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi symbolab. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen melibatkan sampel 60 siswa kelas VIII di MTs Al-Ahliyah Karawang. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan komunikasi matematis dan non tes angket kemandirian belajar. Hasil temuan menunjukan bahwa: (a) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi symbolab dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (b) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi symbolab dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konensional berdasarkan tingkat Pengetahuan Awal Matematika (PAM) kategori tinggi, sedang dan rendah; (c) Terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa terhadap pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan aplikasi symbolab; (d) Kesulitan pada beberapa permasalahan dapat diminimalisir dengan latihan soal non rutin bersama kelompok. Pembelajaran kooperatif berbasis Symbolab memfasilitasi proses konstruksi, interaksi dan refleksi, sehingga mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Kemandirian Belajar; Team Assisted Individualization; Symbolab
Subjects: Education
Education > Statistic of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rahma Nur Abdillah
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:21
Last Modified: 01 Sep 2021 02:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42382

Actions (login required)

View Item View Item