Pengaruh pestisida nabati daun sirih hijau (Piper Betle L.) terhadap pertumbuhan tanaman selada keriting (Lactuca Sativa Var. New Grand Rapid) dari serangan hama ulat daun (Plutella Xylostela L.)

Rhamdayanti, Nely (2021) Pengaruh pestisida nabati daun sirih hijau (Piper Betle L.) terhadap pertumbuhan tanaman selada keriting (Lactuca Sativa Var. New Grand Rapid) dari serangan hama ulat daun (Plutella Xylostela L.). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Tanaman selada merupakan tanaman yang banyak diminati konsumen dan memiliki peluang pasar internasional yang cukup besar. Produksi tanaman selada dapat mengalami penurunan produksi akibat kerusakan yang disebabkan ulat daun (Plutella xylostella). Hama ulat daun merusak dengan cara memakan daun hingga transparan bahkan bisa hanya meninggalkan tulang daunnya saja. Serangan ini menyebabkan daun berlubang sehingga proses fotosintesis terhambat. Salah satu cara untuk mengendalikan hama ulat daun (Plutella xylostella) adalah dengan pemanfaatan pestisida nabati berbahan daun sirih hijau. Daun sirih hijau mengandung senyawa aktif fenol dan alkaloid sebagai racun saraf dan dapat mengakibatkan kematian pada serangga. Serta mengandung senyawa tannin yang dapat menurunkan kemampuan organisme dalam mengonsumsi tanaman. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai bulan Mei 2021, di Kebun Percobaan Ciparanje Universitas Padjadjaran, Hegarmanah, Kab. Sumedang. Menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu dosis pemberian pestisida nabati daun sirih hijau (d) empat taraf perlakuan dan waktu pengaplikasian (w) dua taraf perlakuan dengan tiga kali ulangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh dari pemberian pesitisida nabati daun sirih hijau terhadap mortalitas hama Plutella xylostella, intensitas kerusakan tanaman, serta pertumbuhan dan hasil tanaman. Perlakuan yang paling baik yaitu pemberian dosis pestisida nabati daun sirih hijau 75 ml.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Selada; Pestisida nabati; Daun sirih hijau; Plutella xylostella.
Subjects: Plant Injuries > Insect Pests
Garden Crops, Horticulture, Vegetables
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Nely Rhamdayanti
Date Deposited: 31 Aug 2021 06:04
Last Modified: 31 Aug 2021 06:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42379

Actions (login required)

View Item View Item