Aktivitas belajar tahfidz siswa menggunakan media audio Voice Note WhatsApp hubungannya dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an : Penelitian pada siswa kelas XII SMA Mutiara Islami Plus Serang baru–Bekasi

Nurajijah, Siti (2021) Aktivitas belajar tahfidz siswa menggunakan media audio Voice Note WhatsApp hubungannya dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an : Penelitian pada siswa kelas XII SMA Mutiara Islami Plus Serang baru–Bekasi. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (703kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan pada pembelajaran tahfidz di SMA Mutiara Islami Plus dengan adanya pandemi Covid-19 sehingga diterapkannnya belajar secara daring, Peran guru yang kini sangat terbatas dan tidak bisa hadir secara langsung di dekat anak harus digantikan sepenuhnya oleh orang tua selama mendampingi anak belajar di rumah, terutama dalam pembelajaran tahfidz peserta didik menghafal secara mandiri di rumah masing-masing. Pada kenyataannya pembelajaran tahfidz menggunakan media audio Voice Note berjalan dengan baik sehingga siswa tetap bisa menyetorkan hafalan ketika pembelajaran dimasa pandemi akan tetapi dalam kemampuan menghafal siswa Kelas XII SMA Mutiara Islami Plus dimasa pandemi masih rendah, dari segi makhorijul huruf dan tajwidnya. Hal tersebut menarik untuk diteliti mengenai adakah hubungan antara Aktivitas belajar tahfidz siswa dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Aktivitas belajar tahfidz siswa kelas XII SMA Mutiara Islami Plus menggunakan media audio Voice Note WhatsApp, 2) Kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa kelas XII SMA Mutiara Islami Plus 3) Hubungan aktivitas belajar tahfidz siswa menggunakan media audio Voice Note WhatsApp dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa kemampuan menghafal Al-Qur’an seseorang dapat dilihat dari tiga aspek,yaitu: kelancaran, kesesuaian bacaan dengan kaidah ilmu tajwid dan fashahah. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin bagus aktivitas belajar tahfidz siswa menggunakan media audio Voice Note WhatsApp maka semakin tinggi kemampuan menghafal Al-Qur’an Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket, Tes Lisan, Wawancara dan Dokumentasi dengan sampel 40 orang. Adapun teknis analisis data dilakukan dengan teknik pendekatan statistik dengan melakukan analisis parsial, uji normalitas, uji regresi linear, uji kerelasional dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Realitas aktivitas belajar tahfidz siswa menggunakan media audio Voice Note WhatsApp termasuk kategori positif berdasarkan rata-rata 2,88 yang berada pada pada rentang 2,10-3,09. 2) Realitas kemampuan menghafal siswa kelas XII SMA Mutiara Islami Plus dalam kategori kurang dengan perolehan skor 28,72 dari 40 siswa yang berada pada rentang 20,00-39,99. 3) Hubungan aktivitas belajar tahfidz siswa dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an berada pada kategori hubungan kurang berarti dengan koefisien korelasi 0,02. Derajat pengaruh variabel X terhadap Variabel Y masih sangat rendah hal ini menunjukan bahwa masih ada faktor lain yang mempengaruhinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar; Audio Voice Note WhatsApp; kemampuan menghafal Al-Qur’an
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Nur Ajijah
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:37
Last Modified: 02 Sep 2021 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42378

Actions (login required)

View Item View Item