Konsep ibadah dalam tafsir surah Al-Fatihah : Studi analisis tafsir surah Al-Fatihah karya ustad Aceng Zakaria

Raffi'u, Aliyya Shauma (2021) Konsep ibadah dalam tafsir surah Al-Fatihah : Studi analisis tafsir surah Al-Fatihah karya ustad Aceng Zakaria. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstak.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy

Abstract

Ibadah dalam Islam merupakan perkara wajib yang harus dikerjakan oleh setiap individu sebagaimana firman-Nya QS. al-Dariyat [51]: 56. Akan tetapi, disisi lain banyak sekali diantara umat muslim itu sendiri tidak melaksanakan kewajiban ini dan banyak pula diantara mereka yang memahami ibadah itu hanya sebatas ibadah ritwal (‘ibadah mah{d{oh) saja seperti whudu, shalat, puasa dan pelaksanaannya pun tidak di iringi dengan ruh dari setiap ibadah-ibadah tersebut sehingga ibadah yang dikerjakan tidak memiliki pengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, untuk melahirkaan pemahaman yang benar seputar ibadah perlu bagi bagi kita untuk belaajr kepada seorag guru atau ulama. Ustad Aceng Zakaria sendiri merupakan salah satu tokoh atau ulama yang menjelaskan bagaimana konsep serta prinsip-prinsip ibadah dalam salah satu karyanya yaitu kitab tafsir surah al-Fatihah. Adapun rumusan penelitia ini ialah bagaimana makna atau konsep ibadah menurut ustad Aceng Zakaria dalam Tafsir surah al-Fatihah, beserta bagaimana langkah-lamgkah atau teknis (al-T{ariqoh al-Khas{s{oh) ustad Aceng Zakaria dalam menagfsirkan surah al-Fatihah. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui makna ibadah menurut ustad Aceng Zakaria dalam Tafsir surah al-Fatihah. Selain itu, juga untuk mengetahui langkah langkah teknis (al-T{ariqoh al-Khas{s{oh) ustad Aceng Zakaria dalam menagfsirkan surah al-Fatihah. Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif serta menggunakan pendekatan kepustakaan (library research) dan wawancara (interview) dengan data berjeniskan kualitatif ini, maka kitab tafsir surah al-Fatihah serta narasumbe merupakan sumber utama penelitian. Adapun tahapan analisis yang digunakan penulis dalam penelitian ini diantaranya: (1). pengumpulan data, (2). pemahaman dan penyaringan data, (3). Penyajian, dan (4). Penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan: (1). Secara garis besar kitab tafsir surah al-Fatihah menggunakan tiga langkah khsusu, a). Menjelaskan makna kata dan b). Menjelaskan tema-tema yang terkandung dalam setiap ayat surah al-Fatihah, c). menarik kesimpulan dari tiap-tiap penafsiran ayat surah al-Fatihah. (2). Adapun dari segi isi pembahasan ibadah ustad Aceng memaknai ibadah sebagai upaya pendekatan diri kepada Allah SWT. dengan cara mengerjakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangannya serta beramal sesuai dengan kewenangan (izin) syara’ dan setiap ibadah yang dikerjakan oleh setiap muslim haruslah memiliki ruh dan pengaruhnya dan jangan sebatas ada wujudnya saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konsep ibadah; Tafsir surah al-Fatihah; Aceng Zakaria;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Aliyya Shauma Raffi'u
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:04
Last Modified: 27 Sep 2022 01:50
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42375

Actions (login required)

View Item View Item