Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Pada Materi Ekosistem

Intan Permata Sari, Intan Permata Sari and Ading Pramadi, Ading Pramadi and Hadiansah, Hadiansah (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi Siswa Pada Materi Ekosistem. lib.uinsgd.ac.id, - (1). pp. 1-10. ISSN -

[img]
Preview
Text
1132060035 - INTAN PERMATA SARI.pdf

Download (408kB) | Preview
Official URL: http://lib.uinsgd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan menulis argumentasi siswa pada mata pelajaran biologi yang masih kurang terlatih. Sehingga guru harus meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis argumentasi, karena keterampilan menulis argumentasi merupakan kemampuan untuk menyanggah suatu pernyataan atau pemikiran yang dianggap benar sehingga dapat mempengaruhi orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) terhadap peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa pada materi ekosistem. Metode yang dilakukan oleh peneliti adalah quasi eksperimen dengan tehnik sampling purposive. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XF dan XG SMA Bina Muda Cicalengka Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan menulis argumentasi dan tes. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi, dan tes keterampilan menulis argumentasi berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.72 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata N-Gain sebesar 0.54 dengan kategori sedang. Adapun keterlaksanaan pembelajara di kelas XF menunjukkan 94% untuk aktivitas guru dan 97.3% untuk aktivitas siswa dengan kategori sangat baik, sedangkan keterlaksanaan pembelajaran di kelas XG menunjukkan 91.8% untuk aktivitas guru dan 95.1% untuk aktivitas siswa dengan kategori sangat baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe Think-Talk-Write, Menulis Argumentasi, Ekosistem
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 01:52
Last Modified: 13 Sep 2017 07:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4237

Actions (login required)

View Item View Item