Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada pengambilan keputusan karir siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sumedang

Oktaviani, Andini (2021) Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada pengambilan keputusan karir siswa : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena pandemik Covid-19 memberikan dampak kepada sector pendidikan sebagaimana adanya kebijakan Work From Home yang tertuang dalam surat edaran Nomor 36603/A.A5/OT/2020 pada 15 maret 2020 dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan tentang kebijakan pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19). Maka kegiatan belajar dan mengajar menjadi dalam jaringan begitupun kegiatan layanan bimbingan dan konseling yang menyebabkan konselor harus berupaya memberikan layanan yang optimal dalam kondisi sekarang terlebih bagi siswa kelas VII yang berada pada tahap perkembangan remaja sudah memikirkan bagaimana pencarian tentang karir yang sesuai dengan dirinya dan memiliki beberapa permasalahan secara internal serta eksternal yang terkait dengan perencanaan karir ataupun keputusan karir setelah lulus sekolah dimasa pandemic Covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengelola dan melaksanakan layanan bimbingan karir serta pemantapan keputusan karir siswa kelas XII pada kejuruan MIPA di Madrasah Aliyah Negri 2 Sumedang yang berlokasi di Jln. Angkrek Situ No. 38 Kelurahan Situ, Sumedang, Jawa Barat 45621 dari 6 Mei 2021 hingga 21 Juni 2021. Teori yang digunakan adalah teori karier trait and faktor, siswa dilihat sebagai sebuah pola sifat-sifat seperti hasil belajar, bakat, minat ciri kepribadian yang dibuat profil untuk menggabambarkan potensi siswa yang ketika banyaknya sifat sesuai dengan profil pekerjaanya maka berhasil dalam pembuatan keputusan. Dan dengan penerapan konseling eksistensial humanistik adanya wawancara yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling untuk siswa menyadari, bertanggung jawab dan memiliki kesanggupan pada dirinya atas segala tindakan berlandaskan tujuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan study dokumentasi kemudian di analisis dengan tiga jalur kegiataan yang berlangsung secara bersama yaitu kegiatan reduksi data, penyimpanan data dan verivikasi atau kegiatan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini peran guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan bimbingan karir dimasa pandemic Covid-19 pada kelas XII kejuruan MIPA di Madrasah Aliyah Negeri 2 Sumedang belum efektif membantu siswa dalam menentukan keputusan karir. Dimana setiap siswa membuat keputusan dan merencanakan karir setelah lulus sekolah bukan berdasarkan kemampuan dan persiapan namun keinginan, dan masih banyak siswa yang tidak pernah berkonsuntasi sama sekali dengan guru bimbingan dan konseling. Kata Kunci: Peran Guru BK, Bimbingan Karir, Keputusan Karir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK; Bimbingan Karir; Keputusan Karir.
Subjects: Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Andini Oktaviani
Date Deposited: 31 Aug 2021 02:12
Last Modified: 31 Aug 2021 02:12
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42356

Actions (login required)

View Item View Item