Penerapan model Needham berbantuan Screen Ometic untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self Regulated Learning siswa : Penelitian di SMAN 6 Garut

Aulia, Ganiya Nur (2021) Penerapan model Needham berbantuan Screen Ometic untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self Regulated Learning siswa : Penelitian di SMAN 6 Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMAN 6 Garut bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self Regulated Learning siswa perlu ditingkatkan. Salah satu alternatif untuk meningkatkannya adalah menerapkan model Needham berbantuan Screen Ometic. Tujuan penelitian ini adalah: (a) untuk memperoleh gambaran dan informasi mengenai proses pembelajaran Needham berbantuan Screen Ometic; (b) untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan model Needham berbantuan Screen Ometic dan ekspositori; (c) untuk mengetahui perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Needham berbantuan Screen Ometic; (d) untuk mengetahui perbedaan peningkatan self regulated learning siswa sebelum dan setelah penggunaan model Needham berbantuan screen ometic. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 SMAN 6 Garut. Data diperoleh menggunakan instrument tes berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan non tes berupa lembar observasi dan angket. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian: (a) Proses pembelajaran menggunakan Needham berbantuan Screen Ometic berjalan dengan cukup baik dan mengalami peningkatan setiap pertemuannya; (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model Needham berbantuan Screen Ometic dan pembelajaran ekspositori; (c) Terdapat perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran Needham berbantuan Screen Ometic dan ekspositori; (d) Terdapat perbedaan peningkatan self regulated learning siswa sebelum dan setelah penggunaan model Needham berbantuan screen ometic. Dengan demikian, model Needham berbantuan Screen Ometic efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan Self Regulated Learning siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Matematis; Model Needham; Self Regulated Learning; Screen Ometic
Subjects: Education, Research
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ganiya Nur Aulia
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:16
Last Modified: 01 Sep 2021 02:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42355

Actions (login required)

View Item View Item