Pengaruh bimbingan pranikah terhadap peningkatan pengetahuan calon pengantin : Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung

Nurjamilah, Annisa Siti (2021) Pengaruh bimbingan pranikah terhadap peningkatan pengetahuan calon pengantin : Penelitian di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan menurut agama islam dan masyarakat adalah salah satu ibadah yang paling utama dalam pergaulan. Tujuan dari pernikahan tiada lain untuk mewujudkan kehidupan rumah tangga yang sakinah mawadah dan rahmah. Masalah-masalah pernikahan dan keluarga sangat banyak dari yang kecil sampai yang besar. Pentingnya bimbingan pranikah sebelum melaksanakan pernikahan agar mengetahui kehidupan pernikahan kelak dan mempersiapkan diri untuk kehidupan rumah tangga nanti. Penelitian ini dilakukan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ciparay kabupaten bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Bimbingan pranikah terhadap peningkatan pengetahuan calon pengantin. Metode yang dikukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif cause and effect yaitu hubungan sebab akibat, bila X maka Y. Penulis menggunakan tenkik sampling purposive propotional random sampling yaitu sebanyak 20 orang calon pengantin dengan kriteria yang mengikuti bimbingan pra nikah di KUA kecamatan ciparay. Kemudian menyebarkan angket kepada semua responden. Hasil dari penyebaran angket tersebut di analisis dengan teknik analisis regresi linear sederhana melalui SPSS 16.0. Dari hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh yang positif antara bimbingan pranikah terhadap peningkatan pengetahuan calon pengantin. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana atau hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa bimbingan pra nikah (X) berpengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan calon pengantin (Y). Dengan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000 lebih kecil dari alpha 0.05 sehingga dapat disimpulan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada pengaruh bimbingan pranikah (X) terhadap peningkatan pengetahuan calon penganti (Y). besarnya pengaruh bimbingan pranikah terhadap peningkatan pengatahuan calon pengantin adalah sebesar 58%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan; bimbingan pranikah; pengetahuan calon pengantin
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Annisa Siti Nurjamilah
Date Deposited: 03 Sep 2021 07:10
Last Modified: 03 Sep 2021 07:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42330

Actions (login required)

View Item View Item