Hubungan efektivitas pengajian ibu-ibu rumah tangga dengan perilaku keberagamaan mereka : Penelitian korelasional terhadap ibu-ibu pengajian di Masjid al-Mubarakah Kampung Cibogo RW.06 Kota Cimahi

Indriani, Jihan (2021) Hubungan efektivitas pengajian ibu-ibu rumah tangga dengan perilaku keberagamaan mereka : Penelitian korelasional terhadap ibu-ibu pengajian di Masjid al-Mubarakah Kampung Cibogo RW.06 Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy

Abstract

Jihan Indriani, 1172020121, (2021) : Hubungan Efektivitas Pengajian Ibu-ibu Rumah Tangga dengan Perilaku Keberagamaan Mereka. (Penelitian korelasional terhadap ibu-ibu pengajian di Masjid Al-Mubarokah Kampung Cibogo RW 06 Kota Cimahi) Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perkembangan zaman di segala bidang kehidupan serta mulai mengindikasikan kemunduran akhlak dan perilaku keberagaman, tidak hanya yang muda namun yang sudah berusia pun ikut dalam perkembangan global dalam bidang kehidupan ini. Begitu juga perilaku keberagamaan di masyarakat Kampung Cibogo RW 06 Kota Cimahi khususnya ibu-ibu rumah tangga cenderung menjadi kekhawatiran tokoh agama dan masyarakat lain, karena dalam perilaku beragama mereka seahri-hari dapat dikatakan baik, namun disisi lain masih ada perilaku beragama mereka yang kurang baik. Maka muncul pertanyaan adakah hubungan efektivitas pengajian ibu-ibu rumah tangga dengan perilaku keberagamaan mereka? Penelitian ini memiliki tujuan diantaranya untuk mengetahui (1) Efektivitas pengajian ibu-ibu rumah tangga di Masjid Al-Mubarokah Kampung Cibogo RW 06 Kota Cimahi (2) Perilaku keberagamaan ibu-ibu rumah tangga Masjid Al-Mubarokah Kampung Cibogo RW 06 Kota Cimahi (3) Hubungan antara efektivitas pengajian ibu-ibu rumah tangga dengan perilaku keberagamaan mereka di Masjid Al-Mubarokah Kampung Cibogo RW 06 Kota Cimahi. Dan pengajian ini dikhususkan untuk ibu-ibu rumah tangga yang membutuhkan pengarahan serta bimbingan terhadap agama dan memiliki tujuan untuk memiliki perilaku keberagamaan diusia dewasa dengan baik. Dalam artian bahwa perilaku beragama merupakan suatu perbuatan seseorang baik dalam bertingkah laku maupun dalam berbicara yang didasarkan dengan petunjuk agama pada semestinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif, sumber data yang dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi,dokumentasi dan angket, populasi penelitian ini diambil dari seluruh jamaah pengajian ibu-ibu rumah tangga yaitu sebanyak 38 orang. Setelah data terkumpul data langsung dianalisis melalui perhitungan parsial dan koefisien korelasi kemudian di tafsirkan untuk memperoleh kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil dari pengolahan data, diperoleh kesimpulan bahwa (1) Realitas efaktivitas pengajian ibu-ibu rumah tangga termasuk kualifikasi tinggi dengan skor 4,12, (2) Realitas perilaku keberagamaan ibu-ibu rumah tangga termasuk kepada kualifikasi sangat baik dengan skor 4,27 dan (3) Hubungan efektivitas pengajian ibu-ibu rumah tangga dengan perilaku keberagamaan mereka adalah (a) Koefisien korelasi sebesar 0,496 termasuk kualifikasi cukup, (b) Hipotesisnya diterima, karena thitung (3,19) > ttabel (1,69) dan (c) Kadar pengaruh variabel X dan variabel Y sebesar 12%. Hal ini menunjukkan bahwa 88% perilaku keberagamaan ibu-ibu rumah tangga dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Pengajian; Perilaku; Keberagamaan
Subjects: Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:14
Last Modified: 01 Sep 2021 03:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42329

Actions (login required)

View Item View Item