Pemahaman siswa pada materi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah nabi SAW. di Madinah hubungannya dengan motivasi belajar : Penelitian pada siswa kelas X SMAN 1 Rancaekek Kab.Bandung

Arpiandi, Zoeji (2021) Pemahaman siswa pada materi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah nabi SAW. di Madinah hubungannya dengan motivasi belajar : Penelitian pada siswa kelas X SMAN 1 Rancaekek Kab.Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti siswa tidak mengisi absensi, tidak hadir tepat waktu, mengumpulkan tugas melebihi jadwal yang telah ditentukan, mengerjakan tugas secara asal, bahkan ada yang tidak mengumpulkan tugas sama sekali. Padahal pada realitanya mereka sudah dibekali dengan pemahaman mengenai Pendidikan Agama Islam untuk memiliki motivasi belajar yang baik. Namun, tetap saja kebanyakan dari siswa kelas X masih belum menerapkan pemahamannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pemahaman siswa kelas X pada materi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Saw. di Madinah. 2) Motivasi belajar siswa. 3) Hubungan pemahaman siswa kelas X pada materi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Saw. di Madinah dengan motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Rancaekek Kab. Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada teori bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal yakni pemahaman siswa. Siswa yang memiliki pemahaman yang baik akan menghasilkan pula motivasi belajar yang baik. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan antara pemahaman siswa kelas X pada materi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Saw. di Madinah dengan motivasi belajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dan metode kolerasional. Responden dalam penelitian ini berjumlah 46 siswa kelas X SMAN 1 Rancaekek. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes, angket, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis parsial dan kolerasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemahaman siswa kelas X pada materi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Saw. di Madinah memiliki hasil yang kurang berdasar hasil tes dengan skor rata-rata 57,1. 2) Motivasi belajar memiliki tingkatan yang tinggi berdasar hasil angket dengan skor 3,78. 3) Hubungan pemahaman siswa kelas X pada materi substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Saw. di Madinah dengan motivasi belajar sebesar 2,5%, dengan koefisien korelasi sebesar 0,22. Dengan demikian, terdapat hubungan antara pemahaman siswa pada materi: substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Saw. di Madinah dengan motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Rancaekek Kab. Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Pemahaman; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zoeji zoe Arpiandi
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:43
Last Modified: 02 Sep 2021 06:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42305

Actions (login required)

View Item View Item