Metode pendidikan Islam dalam keluarga pada buku pendidikan keluarga dalam perspektif Islam : Studi atas pemikiran pendidikan Islam pada buku karya Dr. Nur Ahid, M.Ag.

Nadila, Inas Ziyan (2021) Metode pendidikan Islam dalam keluarga pada buku pendidikan keluarga dalam perspektif Islam : Studi atas pemikiran pendidikan Islam pada buku karya Dr. Nur Ahid, M.Ag. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilatarbelakangi oleh pentingnya mendidik antara orang tua pada anaknya untuk menerapkan nilai-nilai agama dan juga norma sosial dalam keluarga maupun dalam masyarakat, dikarenakan orang tua merupakan lembaga primer bagi anak-anaknya. Terjadinya arus globlasisasi serta dekadensi moral yang melanda Negara Indonesia menjadikannya beberapa orang tua kurang memperhatikan pendidikan agama Islam yang diberikan pada anaknya sehingga, meningkatnya kasus pergaulan bebas dan tindakan kriminal lainnya. Fenomena tersebut dipertegas dengan terjadinya beberapa orang tua yang acuh terhadap pentingnya bimbingan dan pengawasan serta pemahaman tentang cara mendidik anak dalam Islam. Penelitian yang bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan tentang konsep pendidikan keluarga dalam prespektif Islam menurut Dr. Nur Ahid, M.Ag. 2) Untuk mendeskripsikan materi-materi pendidikan Islam dalam keluarga perspektif Dr. Nur Ahid, M.Ag. 3) Untuk mendeskripsikan terkait langkah-langkah pendidikan Islam dalam keluarga perspektif Dr. Nur Ahid, M.Ag. Metode pendidikan Islam dalam keluarga adalah cara yang efektif dan efesien dalam mencapai tujuan pendidikan Islam guna membentuk insan kamil. Pendidikan keluarga menjadi alasan penting karena memberikan pengalaman pertama dan pembinaan generasi. Langkah-langkah penelitian ini ialah : 1) Pendekatan kualitatif deskriptif, metode content analysis (kajian isi). 2) Sumber data yang diperoleh dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep dari pendidikan keluarga dalam perspektif Nur Ahid, orang tua bertanggung jawab penuh akan membina anaknya melalui proses pengajaran sesuai dengan ajaran Islam. 2) Materi- materi pendidikan Islam dalam keluarga menurut Nur Ahid adalah ilmu tauhid, ilmu fiqh, ilmu Al-Qur’an, akhlak, Ilmu kehidupan dan keterampilan. 3) Metode pendidikan Islam dalam keluarga menurut Nur Ahid, metode teladan, ceramah, tanya jawab, bergaul dengan yang baik, dan metode pembiasan 4) Langkah-langkah pendidikan keluarga dalam perspektif Islam menurut Nur Ahid dengan menciptakan suasana keluarga yang harmonis, menjaga kesehatan jasmani anak juga pada bidang pendidikan intelektual, orang tua yang mengawasi serta disiplin pada lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pendidikan Islam; Pendidikan Keluarga
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:47
Last Modified: 01 Sep 2021 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42302

Actions (login required)

View Item View Item