Kreativitas guru dalam mengatasi kendala pembelajaran di masa pandemi : Studi deskriptif analisis di MI An Najaah Cicalengka

Ferdiawati, Vonia (2021) Kreativitas guru dalam mengatasi kendala pembelajaran di masa pandemi : Studi deskriptif analisis di MI An Najaah Cicalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi timbulnya pandemi COVID-19 yang berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan, termasuk bidang pendidikan yang harus menyesuaikan dengan aturan dan kebiasaan baru, yaitu proses pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka menjadi proses pembelajaran daring. Dalam realitanya proses pembelajaran daring yang baru pertama diterapkan ternyata menemui berbagai kendala yang pada gilirannya menuntut guru untuk mengeluarkan segenap kemampuan serta kreativitas untuk mengatasinya. Permasalahan tersebut yang melatarbelakangi penelitian ini dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kendala pembelajaran yang ditemukan guru dalam proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga menguraikan kreativitas yang dilakukan guru dalam menyelesaikan kendala yang ditemui serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru di MI An Najaah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun penelitian ini dilakukan di MI An Najaah Cicalengka dengan melakukan wawancara kepada para guru dan melakukan obsevasi terhadap pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh guru pada setiap kelas. Hasil penelitian memperoleh temuan sebagai berikut : (1) Dalam proses pembelajaran daring kendala yang ditemukan yaitu tidak semua siswa memiliki gawai, tidak semua siswa dapat mengakses internet dengan stabil dan semangat belajar siswa yang rendah; (2) kreativitas guru dalam pembelajaran daring terbagi menjadi beberapa bentuk di antaranya memanfaatkan sumber ajar seperti buku tematik, internet ataupun Youtube, memilih media pembelajaran yang tepat berupa word square, teka teki silang, scramble, video di Youtube dan slide Power Point serta mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai seperti demonstrasi, drill atau pengulangan dan metode penugasan; (3) faktor pendukung kreativitas guru di antaranya adanya kesempatan mengikuti berbagai pelatihan, mengetahui berbagai permasalahan yang terjadi, keingintahuan yang tinggi, terbuka terhadap gagasan baru, berani mengambil resiko dan semangat dalam mengajar. Adapun yang menjadi faktor penghambat di antaranya waktu yang dimiliki guru terbatas, pengumpulan tugas tidak sesuai waktu yang ditentukan dan kurangnya kesejahteraan guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandemi COVID-19; Kendala Pembelajaran; Kreativitas Guru
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity
Education
Elementary Education
Elementary Education > Elementary School
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vonia Ferdiawati
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:44
Last Modified: 30 Aug 2021 02:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42292

Actions (login required)

View Item View Item