Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu Word Search Puzzle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi

Azizah, Fadhilah Nur (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantu Word Search Puzzle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (516kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy

Abstract

Pelaksanaan pendidikan berdasarkan kurikulum 2013 salah satunya harus mencapai kompetensi keterampilan. Berdasarakan observasi, materi sistem ekskresi mengalami hambatan berupa banyaknya materi yang harus dipelajari dan kurangnya motivasi belajar, sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Diperlukan model pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan agar keterampilan berpikir kritis siswa meningkat, maka menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu word search puzzle. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan dan persentase tertinggi serta terendah keterampilan berpikir kritis siswa, mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran TGT pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, soal pilihan ganda sebanyak 22 butir dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan kinerja guru dan aktivitas siswa memperoleh kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh nilai N-Gain 0,60 dan 0,30 dengan kategori sedang. Persentase tertinggi dan terendah keterampilan berpikir kritis siswa yaitu pada indikator memberikan penjelasan mendasar dan memberikan penjelasan lebih lanjut. Respon siswa terhadap model pembelajaran TGT pada materi sistem ekskresi memperoleh kriteria sangat senang. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu word search puzzle dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; model TGT; sistem Ekskresi.
Subjects: Education, Research
Cooperative
Human Physiology > Secretion, Excretion, Related Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Fadhilah Nur Azizah
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:01
Last Modified: 30 Aug 2021 02:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42288

Actions (login required)

View Item View Item