Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berbantu media video animasi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi

Nuranissa, Aulia (2021) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berbantu media video animasi terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis siswa di kelas VII MTs Sumur Bandung masih belum terlihat. Model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing berbantu media video animasi digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis keterampilan berpikir kritis dan menganalisis respon siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing berbantu media video animasi pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes keterampilan berpikir kritis dan angket. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing terlaksana dengan sangat baik. Keterampilan berpikir kritis meningkat dengan nilai N-Gain pada kelas eksperimen 0,68 dan pada kelas kontrol 0,44. Hasil uji normalitas seluruh data pretest dan posttest memiliki data yang berdistribusi normal, dan semua data homogen. Dengan hasil uji-t hipotesis thitung 6,268 > ttabel 2,85 menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing berbantu media video animasi berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. Persentase tertinggi dan terendah siswa pada kelas eksperimen, memiliki hasil yang lebih baik dari persentase kelas kontrol, ditandai dengan dominannya persentase tinggi pada kelas eksperimen dan dominan persentase rendah pada kelas kontrol. Respon siswa pada pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing memperoleh nilai rata-rata 4,32 dengan persentase sebesar 86% yang memiliki nilai interpretasi tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis; model pembelajaran bamboo dancing; sistem ekskresi.
Subjects: Cooperative
Human Physiology > Secretion, Excretion, Related Functions
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Aulia Nuranissa
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:33
Last Modified: 30 Aug 2021 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42285

Actions (login required)

View Item View Item