Penerapan media edmodo berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem imun

Nurlaela, Ai Anita (2021) Penerapan media edmodo berbasis e-learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem imun. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, yakni pesatnya e-learning sebagai salah satu media pendukung pembelajaran. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran biologi yaitu 75, sedangkan rata-rata nilai siswa yaitu 65 dengan persentase kelulusan sebesar 60%, sehingga belum memenuhi ketuntasan minimal serta pembelajaran yang telah dilaksanakan kurang melibatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Adapun instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, tes kemampuan berpikir kreatif, lembar validasi dan angket. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa memperoleh persentase sebesar 92,50% untuk aktivitas guru dan 94,54 % untuk aktivitas siswa dengan kriteria sangat baik. Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan hasil pretest 80,00 dan posttest 97,14. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Asymp Sig.< Sig. 0,05 adalah 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan adanya peningkatan antara pretest dengan posttest yang signifikan. Selain itu, rata-rata nilai n-gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi serta respon positif siswa terhadap penggunaan media edmodo sebesar 86,97% dengan kategori sangat baik. Nilai tertinggi rata-rata kemampuan berpikir kreatif yakni 14,36 pada indikator keluwesan (flexibility), dan terendah 8,90 pada indikator keaslian (originality). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media edmodo dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media edmodo; e-learning; kemampuan berpikir kreatif siswa; sistem imun.
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence > Imagination, Imagery, Creativity
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ai Anita Nurlaela
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:36
Last Modified: 30 Aug 2021 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42283

Actions (login required)

View Item View Item