Analisis film Syamil dan Dodo serta relevansinya dengan mata pelajaran Fikih materi rukun Islam di MI : Analisis semiotika Roland Barthes

Nurhamzah, Irfan (2021) Analisis film Syamil dan Dodo serta relevansinya dengan mata pelajaran Fikih materi rukun Islam di MI : Analisis semiotika Roland Barthes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya masyarakat yang lebih mementingkan menghafal syarat sah, syarat wajib, rukun dan lainnya daripada memahami makna daripada ibadah yang dijalankannya. Ketidaksesuaian tersebut diakibatkan mengenai kurangnya pemahaman yang baik akan syariat Islam dan kurangnya bimbingan yang baik, selain itu yang diamati oleh siswa juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hal tersebut berasal dari tontonan yang diamati siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) nilai-nilai pendidikan ibadah yang terdapat pada film Syamil dan Dodo, 2) relevansi dari film Syamil dan Dodo terhadap mata pelajaran fikih materi rukun Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotik, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen berupa film Syamil dan Dodo yang diambil dari official akun animasi Syamil dan Dodo di aplikasi Youtube berbentuk video. Dalam penelitian ini teknis analisis yang dilakukan melalui aktivitas: menonton setiap episode untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan KD fikih dan dianalisis secara denotasi dan konotasi yang terdapat pada adegan yang ditemukan. Adapun penyajian data dari penelitian ini diambil dari episode yang dipilih sebelumnya untuk kemudian diambil kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh simpulan dari penelitian yang dilakukan didapatkan nilai-nilai pendidikan ibadah yang terkandung pada setiap episodenya di antaranya: episode Pengertian Dua Kalimat Syahadat memiliki relevansi dengan KD 3.2 Memahami Kalimah Syahadatain di Kelas I, episode Rukun Shalat memiliki relevansi dengan KD 3.4 Memahami Ketentuan Shalat Fardhu di Kelas II, episode Shalat Berjamaah memiliki relevansi dengan KD 3.5 Menerapkan Tata Cara Shalat Berjamaah dan KD 3.6 Memahami Ketentuan Shalat Berjamaah di Kelas II, episode Do`a dan Shalat memiliki relevansi dengan KD 3.8 Menerapkan Do`a Setelah Shalat Fardhu di Kelas II, episode Zakat dan Hukumnya memiliki relevansi dengan KD 3.1 Menerapkan Ketentuan Zakat Fitrah di Kelas V, episode Adab Puasa yang memiliki relevansi dengan KD 3.5 Memahami Ketentuan Puasa Ramadhan di kelas III, episode Memahami Keutamaan Ramadhan memiliki relevansi dengan KD 3.6 Menganalisis Keutamaan Bulan Ramadhan di Kelas III, episode Manasik Haji memiliki relevansi dengan KD 3.7 Menerapkan Tata Cara Haji di Kelas V, episode Hukum Haji memiliki relevansi dengan KD 3.6 Memahami Ketentuan Haji dan Umrah di Kelas V. Film ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan materi fikih khususnya rukun Islam kepada siswa di MI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Film; Syamil dan Dodo; Animasi; Relevansi; Mata Pelajaran Fikih; Rukun Islam; Madrasah Ibtidaiyah; Pendidikan; Pendidikan Dasar; Keagamaan; Islam.
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shalat, Sholat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Puasa
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Education
Elementary Education
Literature
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Irfan Nurhamzah
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:47
Last Modified: 30 Aug 2021 02:47
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42275

Actions (login required)

View Item View Item