Implementasi peraturan Bupati nomor 29 tahun 2020 tentang pedoman PSBB dalam pandemi covid -19 pada aspek sosial budaya di Kabupaten Indramayu

Tasela, Jesy (2021) Implementasi peraturan Bupati nomor 29 tahun 2020 tentang pedoman PSBB dalam pandemi covid -19 pada aspek sosial budaya di Kabupaten Indramayu. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini Indonesia sedang mengalami kondisi kedaruratan kesehatan yang disebabkan oleh wabah virus covid-19 yang telah menyebar hingga keseluruh penjuru negeri. Pada masa darurat, pemerintah daerah selaku penyelenggaraan pemerintahan pada tingkat daerah, dituntut hadir dalam penyelesaian permasalahan ini secara cepat dan tepat salahsatunya dengan mengeluarkan kebijakan serta peraturan baru. PSBB menjadi salahsatu upaya pemerintah dalam menangani penyebaran virus, namun kerap kali sebuah kebijakan menuai pro dan kontra seta dianggap telah mengubah tatanan sosial dan budaya yang ada di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah Pertama, untuk mengetahui proses perencanaan Peraturan Bupati no 29/2020 tentang pedoman PSBB. Kedua, untuk mengetahui pelaksanaan dan evaluasi Peraturan Bupati no 29 tahun 2020 tentang pedoman PSBB. Ketiga, untuk mengetahui tinjauan siyasah dusturiyah terhadap Peraturan Bupati nomor 29 tahun 2020 tentang pedoman PSBB. Penelitian ini menggunakan beberapa teori dan konsep, yakni: 1). Teori Negara Hukum menurut Hans Kelsen. 2). Konsep Kedaruratan kesehatan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2006. 3). Teori siyasah dusturiyah; Pemerintah dan rakyat, hak dan kewajiban rakyat dan kedaruratan perspektif islam. Metodelogi penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menggunakan pendekatan logika. Metode yang digunakan yaitu deskriptif analisis dengan mengumpulkan data yang ada dilapangan serta menggunakan pendekatan yuridis empirik dan yuridis normative. Hasil dari penelitian kualitatif adalah mengolah data yang bersifat deskriptif, dengan melakukan wawancara dan observasi Hasil penelitian ini adalah: Pertama, perencanaan Peraturan Bupati nomor 29/2020 mempunyai maksud yaitu sebagai pedoman pelaksanaan PSBB di kabupaten Indramayu yang bertujuan untuk membatasi kegiatan tertentu, memperkuat penanganan kesehatan serta menangani dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Kedua, pelaksanaan kebijakan PSBB diterapkan secara efektif dengan menerapkan sanksi administratif oleh pihak satpol pp dan satgas covid-19 dan evaluasi yang dilakukan pansus menyimpulkan bahwa kebijakan tersebut masih belum efektiv, terlihat pada saat pemberlakuan PSBB jumlah kasus dan sebaran kasus di Indramayu tetap meningkat. Ketiga, Berdasarkan kaidah fiqih, yang artinya “Kebijakan pemimpin terhadap rakyatnya bergantung kepada kemaslahatan”. Dalam kondisi darurat upaya pemerintah dan masyarakat Indonesia terhadap penyebaran wabah dapat digolongkan sebagai jihad/perang suci yang harus dilakukan oleh para pemimpin dan rakyat. Kata kunci: PSBB, Peraturan Bupati , Siyasah Dusturiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PSBB; Peraturan Bupati; Siyasah Dusturiyah
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
General Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Jesy Tasela
Date Deposited: 29 Aug 2021 23:02
Last Modified: 29 Aug 2021 23:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42265

Actions (login required)

View Item View Item