Aktivitas belajar siswa menggunakan media Google Meet dan Google Class Room hubungannya dengan pemahaman siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam materi sejarah perkembangan Islam di Nusantara: Penelitian korelasi pada siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Cianjur

Junita, Ade Rahmawati (2021) Aktivitas belajar siswa menggunakan media Google Meet dan Google Class Room hubungannya dengan pemahaman siswa pada pelajaran pendidikan agama Islam materi sejarah perkembangan Islam di Nusantara: Penelitian korelasi pada siswa kelas IX di SMP Negeri 4 Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran daring saat ini, dikarenakan melihat dari faktor-faktor yang mempengaruhi pemahamannya yang tidak optimal. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi di kelas IX, guru dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Google Meet dan GCR. Secara umum siswa mengikuti dengan baik dan guru pun melaksanakan dengan baik. Berdasarkan itu peneliti tertarik untuk meneliti hal ini. Apakah ada hubungan antara keduanya? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Realitas aktivitas belajar siswa menggunakan media google meet dan GCR dalam pembelajaran PAI materi Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara. 2). Realitas pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI materi Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara, 3). Realitas hubungan aktivitas belajar siswa menggunakan media google meet dan GCR dengan pemahaman siswa pada pelajaran PAI materi Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara Penelitian ini melihat pada sebuah asumsi bahwa pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya oleh aktivitas belajar siswa menggunakan media google meet dan GCR. Berdasarkan asumsi tersebut hipotesis pada penelitian ini yaitu semakin tinggi aktivitas belajar siswa menggunakan media google meet dan GCR, maka semakin baik pula pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI. Pendekatan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif sedangkan metode yang digunakan yaitu metode deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan pendekatan statistik untuk data kuantitatif. Dalam menganalisis data yang sudah terkumpul penulis menggunakan analisis statistik dengan menempuh analisis parsial perindikator, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa, 1) Google Meet dan GCR berkategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 3,65 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Pemahaman siswa pada pelajaran PAI berkategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 82,2 yang berada pada interval 80 – 100. 3) Hubungan variabel X dan Y memiliki koefisien korelasi sebesar 0,036 berada pada interval 0,00 – 0,20, artinya korelasi sangat rendah. Kemudian pada uji hipotesis didapatkan hasil bahwa hipotesis yang diajukan ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas belajar siswa menggunakan media Google Meet dan GCR dengan pemahaman siswa pada pelajaran PAI Materi Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar; Media Google Meet dan GCR; Pemahaman Siswa; Pendidikan Agama Islam; Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara
Subjects: Islam > Islamic History
Islam > Islamic Religious Education
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ade Rahmawati Junita
Date Deposited: 31 Aug 2021 01:41
Last Modified: 31 Aug 2021 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42256

Actions (login required)

View Item View Item