Konsep pendidikan Islam perspektif Prof. Dr. Ahmad Tafsir

EL-Zainie, Aulia Geger Jagat (2021) Konsep pendidikan Islam perspektif Prof. Dr. Ahmad Tafsir. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (Daftra Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyanya elemen-elemen khususnya dalam lembaga pendidikan yang memang masih kurang sadar akan perannya sebagai lembaga pendidikan yang dimana bisa kita lihat dari fenomena-fenomena yang terjadi hari ini, kurangnya moral keagamaan yang tertanam dalam peserta didik yang outputnya adalah kurangnya kesopanan terhadap, orang tua, guru, masyarakat bahkan teman sejawatnya itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)Bagaimana Biografi Ahmad Tafsir . 2) Bagaimana Konsep Pendidikan Islam perspektif Prof. Dr. Ahmad Tafsir. Adapun kerangka yang saya pakai dalam penelitian ini adalah pendidikan ialah salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh manusia yang memang sangat urgent untuk kelangsungan hidup manusia, oleh karena itu ketika memang kita membicarakan hakikat pendidikan itu sendiri maka bisa dikatakan hakikatnya ialah memanusiakan manusia, karena memang pendidikan itu tidak kenal waktu dan batasan yang mana bisa jadi seumur hidup kita harus menuntut ilmu atau pendidikan itu sendiri dan pendidikan pun tidak mengenal budaya, ras, bahasa maupun gender. Peneliti menggunakan pendekatan dalam skripsi ini yaitu kualitatif, adapun metode yang dipakai ialah metode deskriptif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Library Research atau penelitian kepustakaan. Sumber data yang diperoleh peneliti berasal dari data primer dan data sekunder berupa buku, karya tulis ilmiah dan hasil wawancara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara.Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan yaitu content analysisatau analisis isi. Hasil dari penelitian yang peneliti dapatkan adalah bahwa pendidikan Islam menurut beliau yaitu bimbingan dari seseorang kepada seseorang yang membentuk dan melatih manusia sebagai muslim yang seutuhnya, dan memang jika diliha dari sudut netral maka ketika hal prilaku tersebut dinamakan pendidikan maka harus ada kerjasama antara semua elemen yang termasuk kedalam pendidikan tersebut seperti pendidik, peserta didik dan orangtua agar terwujudnya anak menjadi manusia yang paripurna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Bimbingan
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Geger Jagat EL-Zainie
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:53
Last Modified: 27 Aug 2021 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42243

Actions (login required)

View Item View Item