Persepsi siswa terhadap media pembelajaran daring hubungannya dengan motivasi belajar siswa : Studi kasus terhadap siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Mathla’ul-Huda,Baleendah Kab. Bandung

Naufal, Aldi (2021) Persepsi siswa terhadap media pembelajaran daring hubungannya dengan motivasi belajar siswa : Studi kasus terhadap siswa kelas VIII pada mata pelajaran akidah akhlak di Mts Mathla’ul-Huda,Baleendah Kab. Bandung. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hadirnya suatu musibah bersama yakni dengan datangnya suatu virus yang dinamakan Covid-19. Karena dengan adanya virus tersebut mengakibatkan perbedaan cara pembelajaran, yang dimana awal mula pembelajaran secara luring sekarang dirubah menjadi daring. Dengan diluar kebiasaan khalayak pada umumya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Persepsi siswa kelas VIII Mts Mathla,ul-Huda terhadap media pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI (2) Motivasi belajar siswa kelas VIII Mts Mathla,ul-Huda selama masa pandemi pada mata pelajaran Akidah Akhlak, dan (3) Hubungan persepsi siswa terhadap media pembelajaran daring dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap media pembelajaran daring dengan motivasi belajar siswa. Sehingga hipotesis yang diajukan adalah semakin positif persepsi siswa terhadap media pembelajaran daring maka semakin baik pula motivasi belajar mereka, dan sebaliknya semakin rendah persepsi siswa terhadap media pembelajaran daring maka semakin rendah pula motivasi belajar mereka. Penelitian ini metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis data yang digunakan adalah korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa. Sedangkan untuk analisis data menggunakan dua pendekatan yakni analisis parsial dan analisis korelasi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa persepsi siswa di Mts Mathla’ul-Huda, Baleendah Kab. Bandung berkategori sedang (3,09), begitu juga pada motivasi belajar siswa berkategori sedang (2,91), karena keduanya berada pada interval 2,60 – 3,39. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat dari kedua indikator diatas, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X dan variabel Y. Dengan hasil koefisien yang didaptkan r= 1 yang berada pada dalam rentang interval 0,91-1,00 yang artinya kolerasi tersebut termasuk pada kategori sangat kuat. Oleh karena itu, berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin positif persepsi siswa terhadap media pembelajaran daring maka semakin baik pula motivasi belajar mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Pembelajaran Daring; PAI; Siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldi Naufal
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:06
Last Modified: 30 Aug 2021 03:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42242

Actions (login required)

View Item View Item