Persepsi masyarakat terhadap majelis ta’lim Miftahul Amanah hubungannya dengan minat mereka mengikuti pengajian : Penelitian terhadap masyarakat Kampung Tanjung Desa Pamoyanan Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya

Pauzia, Ulfani (2021) Persepsi masyarakat terhadap majelis ta’lim Miftahul Amanah hubungannya dengan minat mereka mengikuti pengajian : Penelitian terhadap masyarakat Kampung Tanjung Desa Pamoyanan Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_COVER.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
2_ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy

Abstract

Pada umumnya masyarakat sebelum mengikuti pengajian ke majelis ta’lim telah mempertimbangkan dan mempersiapkan berbagai hal anatara lain melihat sarana dan prasarana,penceramah, materi termasuk mempermasalahkan penguasaan ilmu keagamaan dan cara menyampiakan materinya. Apakah masyarakat akan mengikuti pengajian dengan rajin dan betah?. Dan tentunya banyak masalah lain yang dipertimbangkan dan dipersiapkan oleh masyarakat sebelum menentukan majelis ta’lim mana yang bisa membimbing menjadi lebih baik. Penelitian ini dilakukan terhadap masyarakat kampung Tanjung RT 06 RW 01 Desa Pamoyanan Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. Dengan tujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap majelis ta’lim Miftahul Amanah dan pengaruhnya terhadap minat mengikuti pengajian. Aspek yang diteliti meliputi realitas keadaan masyarakat dikampung Tanjung, kegiatan majelia ta’lim, persespi masyarakat terhadap majelis ta’lim Miftahul Amanah dan hubungannya dengan minat mengikuti pengajian. Penelitian ini didasarkan atas asumsi bahwa persepsi masyarakat terhadap sesuatu akan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor internal dan faktor ekternal, begitu juga persepsi terhadap majelis ta’lim Miftahul Amanah sangat dipengaruhi oelh dua faktor tersebut yaitu tujuan majelis ta’lim, materi, metode, penceramah, jamaah, saran dan prasarana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian analisis kuantitatif yaitu menggunkan analisis data secara mendalam, dan metode korelasi digunakan untuk membandingkan hasil pengukuran antara variabel X dan variabel Y untuk mengetahi hubunga antar dua variabel tersebut dengan alat pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi,angket dan studi dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunkan statistik. Hubungan antara persepsi masyarakat terhadap majelis ta’lim Miftahul Amanah dengan minat mengikuti pengajian tergolong tinggi. Berdasarkan hasil hitung koefisien determinasi disimpulkan Persepsi masyarakat terhadap majelis ta’lim Miftahul Amanah tergolong baik hal ini dibuktikan dengan angka rata-rata, dari masing –masing indikator Variabel X yaitu sebesar 3,74 yang berda pada interval 3,40 – 4,00 dengan kategori tinggi variabel X ( Persepsi Masyarakat Terhadap Majelis Talim Miftahul Amanah).Minat masyarat mengikuti pengajian ke majelis ta’lim Miftahul Amanah juga tergolong tinggi. Hal ini didukung dengan adanya kesadaran dan kamauan sendiri dari masyarakat, lingkungan sekitar banyak mengikuti pengajian ke majelis ta’lim dang angka rata-rata 3,76 yang berada pada interval 3,40 – 4,00 dengan kategori tinggi Variabel Y ( Minat Mengikuti Pengajian). Hubungan anatara persepsi masyarakat terhadap majelis ta’lim Miftahul Amanah dengan Minat mereka mengikuti pengajian, meiliki hubungan 1,406 yang berada pada interval 0,91-100 yang berarti hubungan tersebut termasuk dalam kategori sangat kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: persepsi masyarakat; majelis ta'lim pengajian;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ulfani Pauzia
Date Deposited: 27 Aug 2021 05:42
Last Modified: 27 Aug 2021 05:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42211

Actions (login required)

View Item View Item