Perhitungan sifat fonon pada perovskit anorganik CsSnX3 (X=Cl, Br, I) pada fase kubik dengan menggunakan metode Density Functional Theory (DFT)

Rahmani, Elsyifa Fitria (2021) Perhitungan sifat fonon pada perovskit anorganik CsSnX3 (X=Cl, Br, I) pada fase kubik dengan menggunakan metode Density Functional Theory (DFT). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan perhitungan sifat fonon pada perovskit anorganik CsSnX3 (Cl, Br, I) dengan menggunakan metode DFT (Density Functional Theory) pada software Quantum ESPRESSO. Perovskit anorganik diaplikasikan pada penggunaan sel surya yang memiliki banyak keuntungan karena mudah didapatkan dan memiliki efisiensi yang besar. Penelitian ini mennggunakan K-Points dan energi cutoff sebagai optimasi perhitungan dan diambil K-Points 6x6x6 dan energi cutoff sebesar 1088,456 eV karena menghasilkan energi total paling minimum dari semua parameter yang dihitung. Perhitungan sifat fonon ini menghasilkan dua kurva untuk setiap molekulnya, yaitu kurva Phonon Density of States (PHDOS) dan Dispersi Fonon. Kurva Phonon Density of States (PHDOS) merupakan kurva yang menjelaskan berapa banyak fonon yang terdapat pada frekuensi gelombang tertentu. Pada molekul CsSnCl3 sebaran fonon terbanyak terdapat pada frekuensi gelombang 28,12 Hz, pada CsSnBr3 sebaran fonon terbanyak terdapat pada frekuensi gelombang 17,65 Hz dan pada CsSnI3 sebaran fonon terbanyak terdapat pada frekuensi gelombang 45,71 Hz. Kurva dispersi fonon menghasilkan kurva yang menjelaskan hubungan dari frekuensi gelombang pada suatu titik di K-Points dan kestabilan dari suatu molekul. Kurva dispersi fonon pada penelitian ini menjelaskan bahwa CsSnX3 (X=Cl, Br, I) merupakan molekul yang tidak stabil karena sebagian fungsi gelombang pada molekul ini berada pada nilai negatif (imajiner).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perovskit; Density Functional Theory; Phonon Density of States; Dispersi Fonon; Fungsi Gelombang; Quantum ESPRESSO
Subjects: Modern Physics > Molecular Physics
Crystallography, Crystals > Physical and Structural Crystallography
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Fisika
Depositing User: Elsyifa Fitria Rahmani
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:31
Last Modified: 26 Aug 2021 04:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/42202

Actions (login required)

View Item View Item